Page 266 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 266

disebabkan adanya kontrak kerja selama periode tertentu sehingga

                                         upah  tidak  relatif  berubah  selama  periode  tersebut.  Jika  kondisi
                                         ekonomi  turun,  menyebabkan  harga-harga  turun  tetapi  upah  tidak

                                         dapat  turun  sehingga  meningkatkan  biaya  produksi  dan  menekan
                                         penjualan yang pada akhirnya menurunkan produksi barang dan jasa

                                   (ii)  Teori Kekakuan Harga (The Sticky Price Theory)

                                         Harga  beberapa  barang  dan  jasa  lambat  atau  “kaku”  terhadap
                                         penyesuaian kondisi ekonomi. Hal ini disebabkan oleh menu cost.

                                         Menu cost adalah biaya penyesuaian tingkat harga barang dan jasa.

                                         Contoh  menu  cost  adalah  biaya  mencetak  dan  mendistribusikan
                                         catalog dan waktu untuk mengubah label harga. Jika kondisi ekonomi
                                DOKUMEN
                                         turun,  menyebabkan  harga-harga  turun  tetapi  terdapat  beberapa
                                         barang dan jasa yang harganya tidak cepat turun karena ada menu

                                         cost.  Sehingga  tingkat  harga  barang  tersebut  relatif  lebih  tinggi
                                                       IAI
                                         dibandingkan harga barang yang lain yang akan menekan penjualan

                                         yang pada akhirnya menurunkan produksi barang dan jasa.

                                   (iii)  Teori Salah Persepsi (The Misperceptions Theory)
                                         Perubahan dalam tingkat harga keseluruhan dapat menyesatkan bagi

                                         produsen mengenai apa yang terjadi dipasar dan output yang dijual.
                                         Salah persepsi  muncul ketika tingkat  harga berada dibawah/diatas

                                         tingkat  harga  yang  diperkirakan.  Turunnya  tingkat  harga
                                         menyebabkan produsen  salah  persepsi  mengenai  harga  relatif dari

                                         barang tersebut. Hal ini menyebabkan produsen menurunkan tingkat

                                         harga.











                                                               260
   261   262   263   264   265   266   267   268   269   270   271