Page 288 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 288

BAB 10

                                                EKONOMI MIKRO BISNIS




                        PENDAHULUAN

                        Ilmu Ekonomi merupakan salah satu materi penting yang harus diketahui dan pahami.

                        Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu bagian dari ilmu ekonomi adalah ekonomi
                        mikro yang mempelajari keadaan dan kondisi perekonomian secara mikro yang hanya

                        melibatkan dua pelaku ekonomi utama, yaitu rumah tangga/individu dan perusahaan.

                        Pada  pokok  bahasan  ini  akan  membahas  mengenai  mekanisme  pasar,  permintaan,
                        penawaran,  ekuilibrium  yang  merupakan  keseimbangan  antara  permintaan  dan

                        penawaran,  menghitung  elastisitas  baik  permintaan,  penawaran,  maupun  elastisitas
                                DOKUMEN
                        lainnya  (pendapatan  dan  silang),  dan  kegagalan  pasar  persaingan  sempurna  yang

                        merupakan pasar yang paling efisien karena kedua belah pihak sama-sama mendapat

                        manfaat optimal dari transaksi di pasar tersebut.


                        TUJUAN PEMBELAJARAN            IAI

                        Peserta akan dapat mengetahui dan memahami konsep interaksi di pasar, pelaku-pelaku
                        ekonomi, jenis-jenis pasar, dan kegagalan pasar. Adapun lebih luasnya, peserta akan

                        dapat:

                        1.   Mengidentifikasi mekanisme pasar;
                        2.   Mengidentifikasi permintaan maupun faktor-faktor yang mempengaruhinya;

                        3.   Mengidentifikasi penawaran maupun faktor-faktor yang mempengaruhinya;

                        4.   Mengidentifikasi kondisi equilibrium dan kondisi disekuilibrium;
                        5.   Mengidentifikasi dan menghitung jenis-jenis elastisitas;

                        6.   Mengidentifikasi jenis-jenis struktur pasar;
                        7.   Mengidentifikasi kegagalan pasar.









                                                               282
   283   284   285   286   287   288   289   290   291   292   293