Page 93 - Modul CA Audit & Asurans IAI- Silabus 2019
P. 93

AUDIT & ASURANS




                           Sampai batas tertentu biaya akhir dari penyelesaiannya hanya merupakan sebuah
                           bagian  dari  biaya  keseluruhan.  Pengacara  tidak  murah,  terutama  pengacara
                           korporasi  yang  bagus,  dan  waku  dari  rekan  dan  staf  yang  dihabiskan  untuk
                           mempertahankan tindakan semacam itu juga dapat merepresentasikan biaya yang
                           sangat besar.


                           Terdapat biaya yang jauh lebih penting namun tak berwujud yang diakibatkan oleh
                           hancurnya  reputasi  perusahaan  setelah  keterlibatannya  dengan  kejatuhan  klien.
                           Kehilangan  klien  lainnya  dan  seringkali  anggota  staf  kunci  yang  tidak  lagi  mau
                           berhubungan dengan perusahaan.


                           Jelas dalam konteks ini, kebijakan dan prosedur pengendalian mutu, yang membantu
                           untuk memastikan bahwa opini yang salah tidak diberikan, sangat penting. Namun,

                           ini bukan sekedar sebuah pertanyaan atas mutu, ini sebuah pertanyaan atas risiko.
                           Perusahaan  asurans  makin  menyimpulkan  bahwa  terdapat  beberapa  klien  yang
                           terlalu  berisiko  untuk  diambil,  menyebabkan  perusahaan  yang  disyaratkan  oleh
                               DOKUMEN
                           hukum untuk diaudit tidak dapat menunjuk auditor.

                           Situasi ini memerlukan penyelesaian. Salah satu cara untuk berusaha membatasi
                           kewajiban  yakni  dengan  melihat  kendaraan  bisnis  di  mana  banyak  perusahaan
                           asurans beroperasi.
                                                     IAI

                           Terdapat  keperluan  untuk  menelaah  secara  keseluruhan  atas  konsep  mengenai
                           siapa yang harus disalahkan ketika sesuatu berjalan salah. Profesi menyukai skema
                           ‘kewajiban proporsional’, dimana penyedia asurans hanya membayar untuk bagian
                           dari kesalahannya ketika sesuatu berjalan salah.


                           Latihan Soal:
                           1.  Kepatuhan  atas  kebijakan  dan  prosedur  pengendalian  mutu  seperti  yang
                              disyaratkan  oleh  ISQC  1  akan  mendirikan  pertahanan  yang  baik  terhadap
                              dugaan bahwa perusahaan telah lalai.

                              a.  Benar
                              b.  Salah
                           2.  Manakah dari pernyataan mengenai kepemimpinan formal berikut yang tidak
                              tepat? Rekan harus memastikan bahwa:
                              a.  Pertimbangan  komersil  tidak  mengabaikan  mutu  dari  pekerjaan  yang
                                  dilakukan
                              b.  Sumber daya yang cukup dialokasikan untuk mengembangkan kebijakan
                                  dan prosedur pengendalian mutu
                              c.  Staf memprioritaskan prosedur pengendalian mutu di atas pertimbangan
                                  etika untuk klien yang terdaftar
                              d.  Kebijakan perusahaan terkait remunerasi harus merefleksikan pentingnya
                                  mutu

                                                                                                                  83
   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98