Page 169 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 169
Laba operasi Rp 35.000.000
Dari data di atas dapat dilihat bahwa rasio marjin kontribusi dapat dihitung baik
dengan menggunakan data penjualan dan marjin kontribusi secara total
maupun per unit:
CM ratio = Rp 50.000.000
Rp 80.000.000
= 62.5%
Atau
CM ratio = Rp 250.000
Rp 400.000
= 62.5%
DOKUMEN
Dari tabel dan perhitungan di atas, menunjukkan bahwa untuk setiap rupiah
kenaikan dalam penjualan, marjin kontribusi akan naik sebesar 62.5%. laba
IAI
bersih operasi juga akan naik sebesar 62.5%, dengan asumsi biaya tetap tidak
terpengaruh oleh kenaikan penjualan. Hal ini dapat dibuktikan dengan contoh
berikut. Misalkan, melanjutkan data PT ABADI di atas, PT ABADI
merencanakan untuk meningkatkan penjualan Rp 20.000.000, maka:
Volume Penjualan Persen dari
penjualan
Saat ini diharapkan Kenaikan
(CM ratio)
Penjualan (200 Rp 80.000.000 Rp 100.000.00 Rp 20.000.000 100%
unit)
Biaya variabel Rp 30.000.000 Rp 37.500.000 Rp 7.500.000 37.5%
Marjin Rp 50.000.000 Rp 62.500.000 Rp 12.500.000 62.5%
kontribusi
Biaya tetap Rp 15.000.000 Rp 15.000.000 0
Laba operasi Rp 35.000.000 Rp 47.500.000 Rp 12.500.000
Total unit penjualan diharapkan = Rp 100.000.000/Rp400.000 = 250 unit.
Biaya variabel = 250 unit x Rp 150.000 = Rp 37.500.000
164