Page 169 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 169

Laba operasi        Rp 35.000.000



                             Dari data di atas dapat dilihat bahwa rasio marjin kontribusi dapat dihitung baik
                             dengan  menggunakan  data  penjualan  dan  marjin  kontribusi  secara  total

                             maupun per unit:
                        CM ratio = Rp 50.000.000

                                     Rp 80.000.000
                                                               = 62.5%

                             Atau

                                                    CM ratio = Rp 250.000
                                                                   Rp 400.000

                                                                = 62.5%
                               DOKUMEN

                             Dari tabel dan perhitungan di atas, menunjukkan bahwa untuk setiap rupiah
                             kenaikan dalam penjualan, marjin kontribusi akan naik sebesar 62.5%. laba
                                                     IAI
                             bersih operasi juga akan naik sebesar 62.5%, dengan asumsi biaya tetap tidak

                             terpengaruh oleh kenaikan penjualan. Hal ini dapat dibuktikan dengan contoh
                             berikut.  Misalkan,  melanjutkan  data  PT  ABADI  di  atas,  PT  ABADI

                             merencanakan untuk meningkatkan penjualan Rp 20.000.000, maka:

                                               Volume Penjualan                                  Persen  dari
                                                                                                 penjualan
                                               Saat ini        diharapkan     Kenaikan
                                                                                                 (CM ratio)

                                Penjualan (200  Rp 80.000.000  Rp 100.000.00  Rp 20.000.000      100%
                                unit)

                                Biaya variabel   Rp 30.000.000  Rp 37.500.000  Rp 7.500.000      37.5%
                                Marjin         Rp 50.000.000  Rp 62.500.000  Rp 12.500.000       62.5%
                                kontribusi

                                Biaya tetap    Rp 15.000.000  Rp 15.000.000  0
                                Laba operasi   Rp 35.000.000  Rp 47.500.000  Rp 12.500.000

                                Total unit penjualan diharapkan = Rp 100.000.000/Rp400.000 = 250 unit.
                                Biaya variabel = 250 unit x Rp 150.000 = Rp 37.500.000




                                                              164
   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174