Page 101 - Modul CA Audit & Asurans IAI- Silabus 2019
P. 101

AUDIT & ASURANS




                     Ringkasnya, perencanaan akan membantu audit untuk mengetahui:
                         Apa yang harus dilakukan
                         Berapa banyak yang harus dilakukan
                         Area mana yang harus menjadi fokus anggota tim perikatan
                         Isu penting apa yang harus diselesaikan


                     Pertanyaan interaktif 1: Kebutuhan akan audit
                     Jelaskan alasan mengapa auditor harus melakukan perencanaan atas audit
                     Jawaban:
                     Tujuan perencanaan:
                         Membantu  auditor  untuk  mengelola  perikatan  audit  dengan  baik  sehingga  dapat
                         dilaksanakan dengan efektif dan efisien
                         Memastikan:

                         -   Perhatian yang tepat terhadap area yang penting dalam audit
                         -   Masalah yang potensial dapat diidentifikasi
                         -   Pekerjaan dapat diselesaikan secara tepat waktu
                         Membantu dalam:
                               DOKUMEN
                         -   Mengorganisasikan pekerjaan ke masing-masing anggota tim
                         -   Mengkoordinasikan pekerjaan yang telah dilakukan oleh yang lain
                         Memfasilitasi penelaahan atas pekerjaan anggota tim audit
                                                     IAI
               4.2  Strategi Audit Keseluruhan dan Rencana Audit
                     Ikhtisar
                         Dokumen perencanaan yang utama adalah strategi audit secara keseluruhan
                         Dokumen tersebut menjabarkan materialitas, risiko, pendekatan audit, keterlibatan
                         pakar/auditor intern, waktu dari prosedur audit, anggota tim, anggaran, dan batas
                         waktu yang harus dipenuhi (deadlines)
                         Beberapa Kantor Akuntan Publik (KAP) memiliki “audit pack” berisi ilustrasi strategi
                         dan rencana audit, namun dibutuhkan kehati-hatian dalam penggunaannya
                         Dokumen utama lainnya dalam perencanaan audit adalah rancangan audit (audit
                         plan).





                     4.2.1 Dokumen Perencanaan Yang Utama
                           Seperti yang telah Anda ketahui dalam bab tentang asurans, dokumen perencanan
                           yang  utama  adalah  strategi  audit  keseluruhan.  Dokumen  ini  menjabarkan  area
                           perencanaan yang utama: materialitas, risiko, pendekatan audit, keterlibatan pakar
                           dan auditor intern, waktu pelaksanaan prosedur audit, anggota tim, anggaran dan
                           batas  waktu  yang  harus  dipenuhi.  Detil  teknis  dari  beberapa  isu  tersebut  akan
                           dibahas di bab-bab berikutnya.
                           Beberapa KAP memiliki “audit packs” yang didalamnya terdapat bagian perencanaan
                           dan  menetapkan  area-area  kunci  yang  harus  dipertimbangkan  auditor  dalam



                                                                                                                  91
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106