Page 102 - Modul CA Audit & Asurans IAI- Silabus 2019
P. 102

MODUL CHARTERED ACCOUNTANT




                        perencanaan suatu audit. Namun demikian, kehati-hatian tetap diperlukan dalam
                        menggunakan  formulir  standar,  karena  terdapat  risiko  bahwa  isu  yang  spesifik
                        atas suatu klien menjadi terlupakan. Adalah sangat penting untuk menyesuaikan
                        rencana audit dengan karakteristik klien, dan bukan sebaliknya. Identifikasi atas isu
                        kunci yang ada pada klien dan menyesuaikan pendekatan audit harus dilakukan.
                        Strategi audit keseluruhan harus diperbarui, jika diperlukan, selama pelaksanaan
                        audit berlangsung.
                        Sebagaimana  diketahui  dari  pembelajaran  Anda  sebelumnya,  dokumen  kunci
                        lainnya  dalam  suatu  perencanaan  audit  adalah  rencana  audit  yang  lebih  rinci
                        dibandingkan dengan strategi audit. Suatu rencana audit mencakup sifat, saat, dan
                        luas prosedur audit (termasuk prosedur penilaian risiko) yang akan dilaksanakan
                        sesuai  dengan  strategi  audit  keseluruhan  yang  telah  dibuat  dan  standar  audit.
                        Rencana  audit  harus  diperbarui  jika  diperlukan  selama  pelaksanaan  audit

                        berlangsung.


                  4.2.2 Otomatisasi Proses Audit
                               DOKUMEN
                        Beberapa KAP menggunakan proses yang terotomatisasi pada tahap perencanaan
                        audit  dan  pelaksanaan  pekerjaan  audit  lapangan,  dengan  tujuan  meningkatkan
                        kualitas audit dan menurunkan biaya.
                        Pada  tahap  perencanaan,  otomatisasi  dapat  membantu  membawa  informasi
                        dari  penugasan  periode  sebelumnya  dan  mengumpulkan  semua  daftar  periksa
                                                     IAI
                        (checklist),  mengidentifikasi  sumber  daya  yang  diperlukan,  membuat  template
                        kertas kerja, dan mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan dari klien sebelum
                        dilakukannya kunjungan ke tempat klien.
                        Pada tahap pekerjaan lapangan, template yang telah dibuat secara terotomatisasi
                        akan membantu memastikan bahwa semua area telah tercakup secara memadai,
                        memungkinkan dilakukannya electronic sign-off, dan dapat langsung di masukkan
                        ke dalam laporan auditor dan laporan untuk manajemen atas kelemahan (defisiensi)
                        yang ditemukan.
                        Sama seperti “audit packs”, adalah sangat penting untuk menyesuaikan dokumentasi
                        yang sifatnya umum atau generic dengan kebutuhan klien yang spesifik.



            4.3  Materialitas
                  Ikhtisar
                      Suatu  item  disebut  material  jika  penghilangan  atau  kesalahan  penyajian  item
                      tersebut dapat memengaruhi keputusan ekonomi yang diambil berdasarkan laporan
                      keuangan oleh pengguna laporan keuangan tersebut.
                      Suatu item dapat menjadi material karena jumlahnya atau sifatnya.
                      Penetapan materialitas membutuhkan pertimbangan auditor.









     92
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107