Page 139 - Modul CA Audit & Asurans IAI- Silabus 2019
P. 139
AUDIT & ASURANS
Hal ini termasuk:
Memastikan tim audit (termasuk rekan perikatan) memiliki kombinasi dan
kedalaman yang diperlukan atas pengalaman dan kemampuan.
Menyusun perencanaan audit yang mampu menangani risiko audit
Pendekatan audit merupakan cara dimana auditor menghimpun bukti audit
yang cukup untuk membangun tingkatan yang memuaskan atas kepercayaan
audit, dan dapat dihasilkan dari uji pengendalian, prosedur analitis dan uji
rinci.
Karena auditor tidak dapat mengecek setiap transaksi, pekerjaan audit dilakukan
berdasarkan pengujian. Auditor akan memilih sampel.
Kemungkinan bahwa opini yang Saudara buat, valid secara sempurna, dari
hasil sampel Saudara, berbeda dengan yang dapat dibuat oleh Saudara apabila
Saudara mampu menguji seluruh populasi disebut risiko pengambilan sampel.
DOKUMEN
Risiko non-sampling adalah kemungkinan atas pengambilan kesimpulan yang
salah mengenai laporan keuangan untuk alasan lainnya, seperti:
Kurangnya pemahaman atas sifat dari bisnis klien
Penggunaan teknik pengambilan sampel yang tidak valid
IAI
Kegagalan untuk menginvestigasi kelas aset, liabilitas atau transaksi
tertentu.
4.7.3 Menilai Risiko Salah Saji
Ikhtisar:
Cara terbaik untuk mempelajari kemampuan untuk mengidentifikasi dan menilai
risiko salah saji yakni dengan melatihnya dalam mengerjakan pertanyaan ujian
Pertanyaan interaktif 1: Menilai risiko salah saji
Kantor Saudara baru saja ditunjuk sebagai auditor Trendy Products Ltd, sebuah
perusahaan grosir pakaian dan aksesoris mode yang diarahkan untuk anak muda.
Saudara bertanggng jawab untuk merencanakan audit, dan telah memperoleh
informasi latar belakang berikut.
Perusahaan mengimpor sebagian besar barangnya dari produsen di Far East.
Pemasoknya mengeluarkan tagihan dalam dolar, yang harus dibayar dalam waktu
30 hari. Direktur keuangan menggunakan kombinasi dari kontrak forward mata
uang dan pembelian dolar spot untuk membayar pemasok ini.
Sebagian besar pelanggan perusahaan merupakan pengecer kecil. Namun,
perusahaan telah meningkatkan penjualannya sebanyak 50% dalam kuartal terakhir
129