Page 85 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 85
A. Mengapa Organisasi Mempersiapkan Anggaran?
Anggaran adalah bentuk kuantitatif dari rencana yang dibuat manajemen dalam
periode tertentu. Organisasi mempersiapkan anggaran dengan dua fungsi utama,
yaitu fungsi perencanaan dan fungsi pengawasan. Fungsi perencanaan dilakukan
dengan cara menetapkan tujuan dan mempersiapkan berbagai jenis anggaran untuk
dapat mencapai tujuan tersebut. Sementara fungsi pengawasan dalam anggaran
dilakukan dengan mengumpulkan feedback untuk memastikan bahwa rencana yang
dibuat telah dilaksanakan dengan baik atau telah dimodifikasi karena terjadi
perubahan dari estimasi. Manfaat lain dari mempersiapkan anggaran adalah sebagai
berikut:
(1) Mengkomunikasikan rencana manajemen ke organisasi secara keseluruhan.
(2) Memaksa manajer untuk berpikir dan membuat perencanaan untuk masa yang
DOKUMEN
akan datang.
(3) Membantu pengalokasian sumber daya secara tepat.
(4) Membantu menemukan potensi bottleneck di beberapa fungsi organisasi
IAI
(5) Mengkordinasikan aktivitas-aktivitas organisasi dengan cara mengintegrasikan
rencana yang terkait dengan berbagai fungsi di dalam organisasi tersebut.
(6) Menetapkan target dan tujuan yang dapat digunakan sebagai ukuran dalam
evaluasi kinerja.
B. Kerangka Kerja Anggaran
Anggaran akan sangat bermanfaat apabila diintergrasikan dengan strategi organisasi,
yaitu bagaimana sebuah organisasi menyesuaikan kemampuan yang dimilikinya
dengan kesempatan yang ada di pasar untuk mencapai tujuan tertentu.
Strategi Rencana Jangka Panjang Rencana Jangka Pendek
(rencana strategis) (rencana operasi)
Anggaran Jangka Panjang Rencana Jangka Pendek
Gambar 6. 1: Hubungan antara strategi, rencana, dan anggaran
80