Page 109 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI KEUANGAN
P. 109

BAB 5

                             MELENGKAPI SIKLUS AKUNTANSI DAN PENYUSUNAN LAPORAN
                                                             KEUANGAN


                        Pendahuluan

                        Akuntansi sebagai sistem yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan yang
                        relevan bagi berbagai pihak yang berkepentingan, mempunyai disiplin ilmu tersendiri yang

                        harus dipahami dengan baik, untuk dapat memproses data menjadi informasi akuntansi

                        secara efektif dan efisien. Akuntansi sebagai suatu sistem informasi keuangan sebagaimana
                        kelaziman  suatu  sistem,  memiliki  tujuan,  unsur-unsur  yang  tertata  menurut  tata  cara

                        tertentu untuk mencapai tujuan. Unsur-unsur tersebut meliputi konsep, prinsip, standar,

                        istilah teknis, dokumen, media, prosedur dan proses yang terkoordinasi dan tertata secara
                        tertib.

                                DOKUMEN
                        Pada Bab ini akan melengkapi siklus akuntansi, dimana bagian atau tahapan dari siklus

                        akuntansi telah dibahas pada Bab II, III dan IV. Siklus akuntansi adalah suatu siklus proses
                                                       IAI
                        yang berjalan dari suatu periode akuntansi ke periode akuntansi berikutnya. Mulai dari

                        laporan posisi keuangan awal, dilanjutkan dengan pembukuan atau pencatatan transaksi

                        dana kejadian selama satu periode akuntansi sampai dengan penyusunan laporan keuangan
                        akhir periode, dan kemudian mulai kembali dengan periode akuntansi berikutnya.


                        Proses ini dapat dikerjakan secara manual atau dengan perkembangan teknologi informasi,

                        sehingga lebih cepat dan akurat.


                        Tujuan Pembelajaran

                        1.   Memahami dasar-dasar sistem informasi akuntansi bagi perusahaan.
                        2.   Memahami langkah-langkah dalam siklus akuntansi.

                        3.   Memahami proses penyusunan laporan keuangan dari neraca saldo yang disesuaikan

                             untuk disusun laporan keuangan.
                        4.   Memahami proses penyusunan jurnal penutup.

                        5.   Mempersiapkan menyusun laporan arus kas.


                                                                 101
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114