Page 164 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 164

AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN







            18.  Kemampuan perusahaan merespons cepat order pelanggan merupakan salah satu faktor penting untuk
                sukses. Jika diketahui waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 60 unit DVD dibutuhkan waktu 45
                menit terdiri 30 menit waktu untuk pemrosesan, 10 menit waktu untuk pemindahan, dan 5 menit waktu
                tunggu. Salah satu ukuran operasional berbasis waktu adalah Manufacturing Cycle Efficiency (MCE).
                Berapa besar nilai MCE?
                A.  0,67
                B.  1,00
                C.  0,22
                D.  0,33


            19.  Pada awal tahun 1980-an, akuntansi manajemen sempat kehilangan relevansinya, karena:
                A.  Perkembangan teknik-teknik  akuntansi  manajemen  selalu  lebih  lambat dibandingkan dengan
                    perkembangan praktiknya.
                B.  Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen tidak mengacu ke standar tertentu.
                C.  Fungsi akuntansi manajemen pada saat itu lebih ditekankan pada penilaian sediaan untuk
                    penyusunan laporan keuangan eksternal.
                D.  Teknik-teknik akuntansi manajemen tidak mampu menghasilkan informasi yang berguna untuk
                    pengambilan keputusan oleh manajemen.


            20.  Suatu perusahaan sedang mencoba mengukur biaya kualitas yang tidak teramati (unobservable
                               DOKUMEN
                quality cost atau hidden quality cost) dengan menggunakan metode multiplier. Kontroler perusahaan
                mengestimasikan koefisien multiplier adalah 3, dan menurut catatan akuntansi bahwa biaya kegagalan
                eksternal berjumlah Rp1.500.000.
                Berapa berapa besarnya biaya kualitas yang tersembunyi (hidden quality cost)?
                A.  Rp1.500.000
                B.  Rp3.000.000
                C.  Rp4.500.000                      IAI
                D.  Rp6.000.000

            21.  AAA menjual salah satu produknya seharga Rp100.000 per unit. Jumlah penjualannya rata-rata 750
                unit per tahun. Pada akhir-akhir ini, pesaing utama perusahaan menurunkan harga jual produknya
                menjadi Rp80.000 per unit. AAA memprediksi jumlah penjualan akan turun secara drastis jika tidak
                menyesuaikan harga jual ke harga pesaing. Di sisi lain AAA tetap berkeinginan mempertahankan laba
                per unit seperti saat ini. Informasi yang terkait dengan produk (untuk produksi 750) adalah:


                                                            SQ          AQ          Biaya Aktual
                Bahan baku (kg)                           2.000       2.500             Rp25.000
                Tenaga kerja (jam)                          450         500             Rp12.500
                Set up (jam)                                  0         600              Rp7.500
                Material handling (moves)                     0         300              Rp3.750
                Garansi (unit diperbaiki)                     0         200             Rp15.000

                Berapa biaya tidak bernilai tambah per unit?
                A.  Rp33,33
                B.  Rp35,00
                C.  Rp38.33
                D.  Rp43,33







     156     Ikatan Akuntan Indonesia
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169