Page 223 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 223
H. Hal-hal yang Harus Dilaporkan kepada Staf yang Lebih Senior
Hal hal berikut berlaku untuk area manapun dari laporan keuangan yang tercakup dalam Bab
ini, dan memberikan contoh hal yang harus dilaporkan kepada staf yang lebih senior.
(1) Kesimpulan atas prosedur audit yang dilakukan. Hal ini sangat penting terutama apabila
kesimpulannya negatif, misalnya bahwa pengendalian yang diuji dalam area tersebut
tidak efektif.
(2) Item pengecualian yang ditemukan ketika melakukan prosedur, misalnya transaksi di
luar bisnis normal, dan transaksi di atas atau di bawah tarif pasar.
(3) Adanya pembukuan akuntansi yang tidak biasa. Hal ini dapat menjadi salah saji, atau
dapat menjadi subyek atas persyaratan pelaporan yang berbeda, misalnya transaksi
pihak berelasi.
(4) Adanya indikasi atas kemungkinan pencucian uang.
(5) Isu yang perlu didiskusikan dengan klien. KAP yang berbeda memiliki norma yang
berbeda dalam hal ini; di beberapa KAP merupakan hal yang biasa bagi staf junior
DOKUMEN
untuk mendiskusikan isu dengan staf klien, namun di beberapa KAP lainya hal tersebut
selalu dilakukan oleh staf senior. Staf junior secara umum harus berperilaku sesuai
dengan ekspektasi KAP, merujuk hal-hal tertentu kepada staf senior secara tepat.
IAI
Ketika staf junior mendiskusikan isu secara langsung dengan staf klien, respon klien
harus secara jelas dicatat dalam dokumen audit. Apabila respon ini terlihat tidak jelas
atau ambigu, hal ini perlu diajukan dan didiskusikan dengan seorang staf senior.
(6) Hal apapun yang mana staf junior tidak yakin atau tidak paham. Hal ini penting baik
untuk pengembangan profesional junior dan juga karena mungkin mereka tidak
memahami permasalahannya karena hal tersebut mengandung salah saji.
216