Page 258 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 258

BAB 11 SISTEM PEMBELIAN


               A.    PILIHAN GANDA

                       1.      B. Purchase Order
                       2.      D. MRP (Material Requirement Planning)

                       3.      A. Menyetujui faktur vendor
                       4.      C. Pruchase Order & Packing List

                       5.      A. Debit Memo

                       6.      B. Membubuhkan stampel “Lunas” pada faktur, order pembelian, dan laporan
                               penerimaan yang telah dibayar

                       7.      A. EOQ (Economic Order Quantity)
                       8.      D. Departemen penerimaan barang

                       9.      C. Membayar utang usaha ke pemasok sesuai barang dan jumlah yang dibeli secara
                       DOKUMEN
                               tepat waktu
                               B. Electronic Data Interchange
                       10.


               B.    ESAI
                                                     IAI
                      1.      a.  Membuat peraturan perusahaan yang melarang karyawan menerima hadiah dari

                                  pemasok.
                              b.  Memberikan punishment bagi karyawan yang ketahuan menerima hadiah dari

                                  pemasok.
                              c.  Rotasi jabatan dan liburan wajib bagi karyawan bagian pembelian.


                      2.     a.  Permintaan  pembelian  (purchase  requisition)  merupakan  dokumen  yang

                                  disampaikan  oleh  divisi/departemen  terkait  kebutuhan  untuk  membeli  bahan

                                  baku atau perlengkapan atau jasa.
                             b.  Pesanan  pembelian  (purchase  order)  adalah  dokumen  atau  formulir  yang

                                  secara  formal  meminta  seorang  pemasok  untuk  menjual  dan  mengirimkan
                                  produk tertentu pada harga tertentu.

                             c.  Receiving  report  adalah  sebuah  dokumen  yang  mencatat  detail  setiap
                                  penerimaan barang, termasuk tanggal diterima, pengirim, pemasok dan kuantitas

                                  diterima.





                                                           251
   253   254   255   256   257   258   259   260   261   262   263