Page 258 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 258
BAB 11 SISTEM PEMBELIAN
A. PILIHAN GANDA
1. B. Purchase Order
2. D. MRP (Material Requirement Planning)
3. A. Menyetujui faktur vendor
4. C. Pruchase Order & Packing List
5. A. Debit Memo
6. B. Membubuhkan stampel “Lunas” pada faktur, order pembelian, dan laporan
penerimaan yang telah dibayar
7. A. EOQ (Economic Order Quantity)
8. D. Departemen penerimaan barang
9. C. Membayar utang usaha ke pemasok sesuai barang dan jumlah yang dibeli secara
DOKUMEN
tepat waktu
B. Electronic Data Interchange
10.
B. ESAI
IAI
1. a. Membuat peraturan perusahaan yang melarang karyawan menerima hadiah dari
pemasok.
b. Memberikan punishment bagi karyawan yang ketahuan menerima hadiah dari
pemasok.
c. Rotasi jabatan dan liburan wajib bagi karyawan bagian pembelian.
2. a. Permintaan pembelian (purchase requisition) merupakan dokumen yang
disampaikan oleh divisi/departemen terkait kebutuhan untuk membeli bahan
baku atau perlengkapan atau jasa.
b. Pesanan pembelian (purchase order) adalah dokumen atau formulir yang
secara formal meminta seorang pemasok untuk menjual dan mengirimkan
produk tertentu pada harga tertentu.
c. Receiving report adalah sebuah dokumen yang mencatat detail setiap
penerimaan barang, termasuk tanggal diterima, pengirim, pemasok dan kuantitas
diterima.
251