Page 256 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 256
kebutuhan dan keinginan dari semua
tingkatan manajemen.
Menelaah aktivitas secara terus menerus Menelaah catatan-catatan yang
mendukung laporan keuangan secara
periodik biasanya sekali setahun.
2. a. Mengawasi kegiatan yang tidak bisa diawasi oleh manajemen puncak.
b. Mengidentifikasi dan meminimalkan risiko. Banyak organisasi membentuk fungsi manajemen
risiko yang proaktif yakni dengan pendekatan holistic atas risiko yang mencakup semua
kemungkinan risiko mulai dari masalah hukum, politik dan peraturan, hubungan pemegang
saham, dampak persaingan, dan kompetensi manajemen.
c. Mamvalidasi laporan kepada manajemen senior. Auditor internal menelaah laporan tersebut
untuk menilai akurasi, ketepatan waktu, dan maknanya untuk memastikan bahwa pengambilan
keputusan manajemen sudah tepat.
d. Melindungi manajemen dalam bidang teknis. Auditor internal harus mengetahui dari mana
DOKUMEN
data berawal, proses pengelolaannya dan letak risiko keamanannya.
e. Membantu manajer untuk mengelola organisasi yang meliputi perencanaan, masalah
pengorganisasian, masalah pengarahan dan masalah pengendalian.
IAI
249