Page 256 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 256

kebutuhan  dan  keinginan  dari  semua

                          tingkatan manajemen.
                          Menelaah aktivitas secara terus menerus     Menelaah       catatan-catatan      yang

                                                                      mendukung  laporan  keuangan  secara

                                                                      periodik biasanya sekali setahun.
                   2.    a.  Mengawasi kegiatan yang tidak bisa diawasi oleh manajemen puncak.

                         b.  Mengidentifikasi dan meminimalkan risiko. Banyak organisasi membentuk fungsi manajemen
                            risiko  yang  proaktif  yakni  dengan  pendekatan  holistic  atas  risiko  yang  mencakup  semua

                            kemungkinan risiko mulai dari masalah hukum, politik dan peraturan, hubungan pemegang
                            saham, dampak persaingan, dan kompetensi manajemen.

                         c.  Mamvalidasi laporan kepada manajemen senior. Auditor internal menelaah laporan tersebut

                            untuk menilai akurasi, ketepatan waktu, dan maknanya untuk memastikan bahwa pengambilan
                            keputusan manajemen sudah tepat.

                         d.  Melindungi manajemen dalam bidang teknis. Auditor internal harus mengetahui dari mana
                               DOKUMEN
                            data berawal, proses pengelolaannya dan letak risiko keamanannya.
                         e.  Membantu  manajer  untuk  mengelola  organisasi  yang  meliputi  perencanaan,  masalah

                            pengorganisasian, masalah pengarahan dan masalah pengendalian.


                                                     IAI
























                                                           249
   251   252   253   254   255   256   257   258   259   260   261