Page 310 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 310

Terdapat banyak penjual yang bersaing satu sama lain menghadapi banyak
                                   pembeli.

                             (b)  Produk berbeda (differentiation product)
                                   Masing-masing  perusahaan  menghasilkan  produk  yang  agak  sedikit

                                   berbeda  dibandingkan  perusahaan  lain,  sehingga  masing-masing

                                   perusahaan dapat menentukan harga (price taker).
                             (c)  Bebas masuk dan keluar pasar

                                   Masing-masing perusahaan bebas untuk masuk maupun keluaer dari pasar
                                   tersebut tanpa hambatan.


                             Contoh pasar monopolistik adalah produk sabun mandi, shampoo, mie instan, air

                             mineral dan lain-lain.  Perusahaan yang masuk dalam kategori pasar monopolistic
                                DOKUMEN
                             mengeluarkan  sebagian  anggaran  untuk  melakukan  iklan.  Hal  ini  dilakukan
                             karena  produk  yang  diperjualbelikan  antar  penjual  agak  sedikit  berbeda

                             (differentiation product). Terdapat debat pentingnya iklan yang dilakukan oleh
                             perusahaan, yaitu yang mengkritik dan yang mendukung adanya iklan.
                                                       IAI

                        (a)  Kritik terhadap iklan
                             1)    Iklan dapat memanipulasi selera konsumen

                                   Banyak iklan hanya memberikan efek psikologi dibandingkan memberikan

                                   informasi akan produk tersebut kepada konsumen. Contoh. Iklan minuman
                                   ringan (soft drink) lebih banyak memberikan efek psikologi dibandingkan

                                   efek informasi produk kepada konsumen.

                             2)    Iklan dapat merusak persaingan
                                   Iklan sering mencoba untuk meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut

                                   berbeda  dengan  kenyataan.  Hal  ini  menyebabkan  peningkatan  persepsi
                                   produk yang berbeda dan loyalitas merek. Sehingga konsumen tidak begitu

                                   peduli terhadap perbedaan harga antar produk dan tetap membeli produk
                                   vtersebut  bahkan  jika  harganya  lebih  mahal  dibandingkan  produk  yang

                                   lain.






                                                               304
   305   306   307   308   309   310   311   312   313   314   315