Page 310 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 310
Terdapat banyak penjual yang bersaing satu sama lain menghadapi banyak
pembeli.
(b) Produk berbeda (differentiation product)
Masing-masing perusahaan menghasilkan produk yang agak sedikit
berbeda dibandingkan perusahaan lain, sehingga masing-masing
perusahaan dapat menentukan harga (price taker).
(c) Bebas masuk dan keluar pasar
Masing-masing perusahaan bebas untuk masuk maupun keluaer dari pasar
tersebut tanpa hambatan.
Contoh pasar monopolistik adalah produk sabun mandi, shampoo, mie instan, air
mineral dan lain-lain. Perusahaan yang masuk dalam kategori pasar monopolistic
DOKUMEN
mengeluarkan sebagian anggaran untuk melakukan iklan. Hal ini dilakukan
karena produk yang diperjualbelikan antar penjual agak sedikit berbeda
(differentiation product). Terdapat debat pentingnya iklan yang dilakukan oleh
perusahaan, yaitu yang mengkritik dan yang mendukung adanya iklan.
IAI
(a) Kritik terhadap iklan
1) Iklan dapat memanipulasi selera konsumen
Banyak iklan hanya memberikan efek psikologi dibandingkan memberikan
informasi akan produk tersebut kepada konsumen. Contoh. Iklan minuman
ringan (soft drink) lebih banyak memberikan efek psikologi dibandingkan
efek informasi produk kepada konsumen.
2) Iklan dapat merusak persaingan
Iklan sering mencoba untuk meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut
berbeda dengan kenyataan. Hal ini menyebabkan peningkatan persepsi
produk yang berbeda dan loyalitas merek. Sehingga konsumen tidak begitu
peduli terhadap perbedaan harga antar produk dan tetap membeli produk
vtersebut bahkan jika harganya lebih mahal dibandingkan produk yang
lain.
304