Page 311 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 311
(b) Pendukung adanya iklan
1) Perusahaan dapat menggunakan iklan untuk memberikan informasi kepada
konsumen.
Adanya iklan dapat memberikan informasi mengenai harga produk, adanya
produk baru, dan lokasi penjualan produk tersebut. Informasi tersebut
membuat konsumen memiliki banyak informasi untuk memilih produk
yang akan dibeli.
2) Iklan dapat memperkuat persaingan
Hal ini disebabkan, adanya iklan menyebabkan konsumen memiliki banyak
informasi mengenai semua produk di pasar tersebut. Akibatnya, konsumen
dapat mengetahui perbedaan harga antar produk dan mengambil
DOKUMEN
keuntungan informasi tersebut untuk membeli produk.
IAI
G. Kegagalan Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang efisien, karena alokasi sumber daya
ekonomi ditentukan oleh kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran. Tetapi
seringkali pasar mengalami kegagalan pasar (market failure), yaitu suatu keadaan
dimana pasar gagal untuk menyediakan alokasi sumberdaya yang efisein, yang
disebabkan oleh faktor-faktor dibawah ini:
(1) Pasar persaingan tidak sempurna
Adalah suatu keadaan dimana salah satu pihak mendapatkan keuntungan lebih
dibandingkan pihak lain, dalam hal ini produsen mendapatkan keuntungan yang
lebih tinggi dibandingkan dengan konsumen. Hal ini disebabkan karena produsen
memiliki kekuatan pasar (market power) yang dapat mengendalikan tingkat
harga. Adapun pasar yang digolongkan sebagai pasar persaingan tidak sempurna
adalah:
305