Page 311 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 311

(b)  Pendukung adanya iklan

                             1)    Perusahaan dapat menggunakan iklan untuk memberikan informasi kepada
                                   konsumen.

                                   Adanya iklan dapat memberikan informasi mengenai harga produk, adanya

                                   produk  baru,  dan  lokasi  penjualan  produk  tersebut.  Informasi  tersebut
                                   membuat  konsumen  memiliki  banyak  informasi  untuk  memilih  produk

                                   yang akan dibeli.
                             2)    Iklan dapat memperkuat persaingan

                                   Hal ini disebabkan, adanya iklan menyebabkan konsumen memiliki banyak
                                   informasi mengenai semua produk di pasar tersebut. Akibatnya, konsumen

                                   dapat  mengetahui  perbedaan  harga  antar  produk  dan  mengambil
                                DOKUMEN
                                   keuntungan informasi tersebut untuk membeli produk.




                                                       IAI
                        G.   Kegagalan Persaingan Sempurna

                        Pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang efisien, karena alokasi sumber daya
                        ekonomi  ditentukan  oleh  kekuatan  permintaan  dan  kekuatan  penawaran.  Tetapi

                        seringkali  pasar  mengalami  kegagalan  pasar  (market  failure),  yaitu  suatu  keadaan

                        dimana  pasar  gagal  untuk  menyediakan  alokasi  sumberdaya  yang  efisein,  yang
                        disebabkan oleh faktor-faktor dibawah ini:

                        (1)  Pasar persaingan tidak sempurna
                             Adalah suatu keadaan dimana salah satu pihak mendapatkan keuntungan lebih

                             dibandingkan pihak lain, dalam hal ini produsen mendapatkan keuntungan yang

                             lebih tinggi dibandingkan dengan konsumen. Hal ini disebabkan karena produsen
                             memiliki  kekuatan  pasar  (market  power)  yang  dapat  mengendalikan  tingkat

                             harga. Adapun pasar yang digolongkan sebagai pasar persaingan tidak sempurna
                             adalah:








                                                               305
   306   307   308   309   310   311   312   313   314   315   316