Page 312 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 312

(a)  Monopoli, terdapat satu perusahaan yang memproduksi barang tersebut,
                                   dan barang tersebut tidak memiliki barang pengganti  yang sangat dekat

                                   (closed substitution). Hal ini menyebabkan perusahaan cenderung untuk
                                   menetapkan  harga  yang  lebih  tinggi  dibandingkan  harga  di  pasar

                                   persaingan sempurna).

                             (b)  Oligopoly, terdapat beberapa perusahaan yang memproduksi barang yang
                                   sama.  Perusahaan  pada  persaingan  oligopoly  dapat  menentukan  harga

                                   (memiliki  market  power)  jika  beberapa  perusahaan  tersebut  melakukan
                                   kerjasama (collusion) sehingga bias menetukan tingkat harga dan jumlah

                                   output yang diproduksinya. Contoh OPEC.
                             (c)  Pasar persaingan monopolistik, memiliki kekuatan pasar (market power)

                                   sehingga dapat menetapkan harga karena produk yang dihasilkannya agak
                              DOKUMEN
                                   sedikit  berbeda  dengan  produk  yang  dihasilkan  perusahaan  lainnya
                                   (product differentiation).



                                                       IAI
                        (2)  Eksternalitas
                               Adalah dampak/aksi yang dilakukan oleh satu orang/perusahaan terhadap pihak

                             lain, dan pihak tersebut tidak mendapatkan kompensasi dari yang dilakukan oleh
                             satu orang/perusahaan tersebut. Eksternalitas ini menyebabkan pasar tidak efisien

                             sehingga  gagal  untuk  memaksimalkan  total  surplus  pelaku-pelaku  ekonomi.
                             Terdapat dua jenis eksternalitas, yaitu:

                             (a)  Eksternalitas positif

                                   Adalah  aksi  yang  dilakukan  oleh  satu  orang/perusahaan  yang
                                   menguntungkan  pihak  lain.  Contoh:  penelitian  untuk  menemukan

                                   teknologi baru, memperbaiki bangunan-bangunan bersejarah. Eksternalitas
                                   positif menyebabkan pasar untuk memproduksi lebih banyak dibandingkan

                                   yang  dinginkan  masyarakat.  Menyebabkan  nilai  social  barang  melebihi
                                   nilai  barang  tersebut  (private  value).  Untuk  itu  pemerintah  dapat









                                                               306
   307   308   309   310   311   312   313   314   315   316   317