Page 7 - Modul CA - Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat (Plus Soal)
P. 7
ETIKA PROFESI
DAN TATA KElOlA
KORPORAT
BaB VI
IKLIM EtIKa DaN OrGaNIsasI BErINtEGrItas.............................................................................................. 69
6.1 Pentingnya Membangun Iklim Etika dan Organisasi Berintegritas ........................................................ 70
6.2 Keterbatasan Program Compliance ................................................................................................................. 71
6.3 Integritas sebagai Tata Kelola Etika ............................................................................................................... 72
6.4 Program Integritas yang Efektif ...................................................................................................................... 74
6.5 Dampak Organisasi yang Berintegritas terhadap Akuntan Profesional .................................................. 74
BaB VII
tINJaUaN tata KELOLa: KONsEP, PrINsIP, DaN PraKtIK DI INDONEsIa ...................................... 77
7.1 Alasan Diperlukan Tata Kelola yang Baik .................................................................................................... 78
7.2 Definisi dan Prinsip Dasar Tata Kelola ......................................................................................................... 80
7.3 Tinjauan Struktur Tata Kelola di Indonesia ................................................................................................. 81
7.4 Overview Prinsip-prinsip Tata Kelola Menurut OECD .............................................................................. 82
7.5 Manfaat Tata Kelola bagi Korporat dan Lingkungan ................................................................................. 85
7.6 Overview Regulasi dan Pedoman Tata Kelola di Indonesia ...................................................................... 85
7.7 Instrumen Penilaian dan Bukti Empiris terhadap Praktik Tata Kelola di Indonesia
dan ASEAN ........................................................................................................................................................ 87
7.8 Penilaian Berdasarkan ASEAN CG Scorecard dari ASEAN Capital Market Forum ............................. 91
DOKUMEN
BaB VIII
PrINsIP PErLINDUNGaN tErHaDaP HaK PEMEGaNG saHaM ............................................................... 95
8.1 Latar Belakang ................................................................................................................................................... 96
8.2 Keputusan Material yang Membutuhkan Persetujuan dalam RUPS ....................................................... 98
8.3 Penyelenggaraan RUPS ..................................................................................................................................... 98
IAI
8.4 Pengungkapan Struktur Kepemilikan, termasuk Kepemilikan Piramid, Cash-flow Right,
Control Right dan Hubungannya dengan Insentif untuk Ekspropriasi .................................................. 99
8.5 Pasar Pengendalian Perusahaan Berjalan dengan Efisien dan Transparan ............................................ 101
8.6 Fasilitasi Dilaksanakannya Hak-hak Semua Pemegang Saham, termasuk Investor Institusi ................. 102
8.7 Para Pemegang Saham untuk Saling Berkonsultasi Terkait dengan Pelaksanaan Hak-haknya .......... 102
8.8 Peran Akuntan Profesional dalam Memfasilitasi Pelaksanaan Hak Pemegang Saham ........................ 103
8.9 Pelaksanaan Prinsip Perlindungan terhadap Hak-hak Pemegang Saham di Indonesia
Menurut Hasil Penilaian Bank Dunia dan IICD-ASEAN CG Scorecard ............................................... 103
8.10 Hasil Penilaian oleh IICD-ASEAN CG Scorecard ....................................................................................... 104
8.11 Menggunakan ASEAN CG Scorecard untuk Menilai Praktik Perlindungan terhadap
Hak-hak Pemegang Saham Perusahaan Terbuka ........................................................................................ 104
BaB IX
PrINsIP PErLaKUaN sEtara tErHaDaP PEMEGaNG saHaM ................................................................ 107
9.1 Latar Belakang ................................................................................................................................................... 108
9.2 Perdagangan oleh Orang Dalam..................................................................................................................... 115
9.3 Fasilitas Penggunaan Hak Voting melalui Kustodian atau Cross-border ................................................ 117
9.4 Pengungkapan Informasi Benturan Kepentingan Anggota Direksi dan Dewan Komisaris ................... 119
9.5 Peran Akuntan Profesional .............................................................................................................................. 120
9.6 Pelaksanaan Prinsip Perlakuan Setara terhadap Pemegang Saham di Indonesia ................................. 121
9.7 ASEAN CG Scorecard ....................................................................................................................................... 124
iv Ikatan Akuntan Indonesia