Page 16 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 16
(a) Kesalahan manusia (human error);
(b) Kesalahan penginputan transaksi;
(c) Kegagalan dalam memperbaiki error;
(d) Pemrosesan file yang salah;
(e) Kesalahan teknis seperti malfungsi perangkat keras dan lunak;
(f) Bencana alam seperti kebakaran, banjir, gempa bumi;
(g) Tindakan secara sengaja, seperti kecurangan (fraud);
(h) Kerusakan karena kesalahan produksi;
(i) Industrial action seperti mogok kerja;
(j) Pengintaian oleh pesaing.
Kebanyakan dari risiko di atas adalah risiko yang bersifat fisik.
Adapun hal yang dapat dilakukan manajemen untuk mengatasi risiko di atas dapat dikelompokan
DOKUMEN
menjadi tiga bagian yakni:
(a) Tindakan pencegahan (prevention), yakni aktivitas untuk mencegah atau menghindari risiko
sebelum suatu ancaman terjadi.
(b) Tindakan pendeteksian (detection), yakni aktivitas yang berusaha menemukan ancaman
ketika suatu proses berjalan. IAI
(c) Tindakan perbaikan (curative), yakni aktivitas untuk memperbaiki kondisi akibat ancaman
yang sudah terjadi. Umumnya suatu organisasi akan memiliki dua prosedur berikut sebagai
bentuk tindakan perbaikan:
i. Prosedur pemulihan (recovery procedures);
ii. Prosedur perbaikan (corrective procedures) untuk memastikan kelemahan yang
ditemukan telah diperbaiki.
10