Page 14 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 14
manajemen. Walaupun MIS melaporkan kondisi terkini operasional organisasi, tetapi memiliki
keterbatasan seperti kemampuan analitis yang relatif terbatas, kurang fleksibel, dan berfokus pada
informasi internal.
Terdapat berbagai jenis sistem yang dapat digunakan untuk manajemen informasi di suatu
organisasi.
(a) Executive support sistem (ESS) atau Executive Information System, adalah suatu basis data
yang komprehensif yang mengumpulkan data dari sumber internal maupun eksternal untuk
disediakan dengan lebih mudah kepada manajer senior. Umumnya ESS digunakan untuk
pembuatan keputusan stratejik dan tidak terstruktur. Sebagai contoh, manajemen puncak
suatu maskapai membutuhkan informasi tingkat keterisian penumpang, biaya setiap rute dan
penghasilan yang diberikan suatu rute, hingga informasi kebijakan dan perkembangan
pariwisata suatu daerah untuk menentukan rencana pengembangan rute maskapai di masa
DOKUMEN
mendatang.
(b) Decision support sistem (DSS) adalah sistem yang menggabungan data dan model analitis
untuk mendukung keputusan yang sifatnya semi-terstruktur dan tidak terstruktur. Pilot
IAI
menggunakan sistem untuk memperoleh informasi terkait cuaca dan arah angina untuk
menentukan rute penerbangan suatu pesawat.
(c) Expert sistem (ES) adalah sistem yang menangkap kemampuan/keahlian manusia pada
bidang pengetahuan tertentu yang memungkinkan penggunan memperoleh manfaat dari
pengetahuan atau informasi tersebut. Sistem ini terdiri dari suatu basis data yang memiliki
data terspesialisasi, aturan bagaimana memanfaatkannya dan menginterpretasikannya, serta
kondisi yang mempengaruhinya.
(d) Knowledge work sistem (KWS), adalah sistem yang memfasilitasi pembentukan dan
integrase pengetahuna baru dalam suatu organisasi.
(e) Office automation sistem (OAS) adalah sistem yang meningkatkan produktivatas data dan
informasi. Pelayanan pelanggan maskapai penerbangan secara otomatis mengetahui siapa
konsumen yang menghubungi mereka dan preferensi bantuan yang biasanya dibutuhkan oleh
konsumen tersebut.
8