Page 110 - Modul CA Audit & Asurans IAI- Silabus 2019
P. 110
MODUL CHARTERED ACCOUNTANT
d. Membaca risalah rapat pemegang saham, pihak yang bertanggung jawab atas
tata kelola, dan komite-komite yang relevan untuk mengetahui adanya kesulitan
pendanaan
e. Menanyakan penasihat hukum entitas tentang keberadaan litigasi dan klaim serta
kewajaran penilaian oleh manajemen tentang hasil dan estimasi dampak keuangan
dari litigasi dan klaim tersebut
f. Mengornfirmasi keberadaan, legalitas dan keberlakuan pengaturan untuk
menyediakan atau memelihara dukungan keuangan dari pihak berelasi dan
pihak ketiga dan menilai kemampuan keuangan dari pihak-pihak tersebut dalam
menyediakan dana tambahan
g. Mengevaluasi rencana entitas untuk menangani pesanan pelanggan yang belum
terpenuhi
h. Melakukan prosedur audit atas peristiwa yang terjadi setelah tanggal pelaporan untuk
mengidentifikasi peristiwa yang memitigasi atau memengaruhi kemampuan entitas
untuk mempertahankan kelangsungan usahanya
i. Mengonfirmasi eksistensi, persyaratan dan kecukupan fasilitas pinjaman
DOKUMEN
j. Memperoleh dan menelaah laporan-laporan tentang tindakan badan pengatur
k. Menentukan kecukupan bukti pendukung atas penghapusan aset yang direncanakan
4.5.1 Faktor Risiko
Ikhtisar
Beberapa faktor risiko potensial harus dipertimbangkan pada tahap
perencanaan audit: IAI
- Manipulasi catatan akuntansi oleh manajemen
- Entri jurnal yang tidak tepat atau tidak terotorisasi
- Pengakuan pendapatan yang tidak tepat
Audit Data Analytics (ADA) dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam
identifikasi risiko pada tahap perencanaan.
Berikut ini adalah beberapa faktor risiko spesifik yang harus dipertimbangkan oleh
auditor pada tahap perencanaan audit:
1. Pengabaian Pengendalian oleh Manajemen (Management Override)
SA 240 menggunakan istilah ini ketika merujuk pada kemampuan unik
manajemen untuk memanipulasi catatan akuntansi yang mengakibatkan
dihasilkannya laporan keuangan yang menyesatkan. Alasan-alasan adanya
pengabaian pengendalian oleh manajemen bervariasi misalnya keuntungan
keuangan, penghindaran pajak, atau peningkatan kinerja bisnis atau pribadi.
Risiko adanya pengabaian pengendalian oleh manajemen ada di setiap
penugasan audit.
Auditor harus menilai risiko pengabaian pengendalian oleh manajemen pada
100