Page 28 - Modul CA Audit & Asurans IAI- Silabus 2019
P. 28
MODUL CHARTERED ACCOUNTANT
f. Memperhatikan standar hidup kepala akuntan; sesuai dengan statusnya?
g. Mempertimbangkan apakah urusan di masa lampau dengan kepala
akuntan pernah memberi keraguan atas integritasnya
h. Meningkatkan prosedur analitis pada pendapatan dan piutang, misalnya
pendapatan/penerimaan bulanan atas pelanggan utama/pengiriman surat
konfirmasi yang lebih banyak apabila periode penagihan piutang dagang
telah meningkat
i. Berdiskusi dengan rekan perikatan, yang mungkin ingin untuk berdikusi
dengan klien (misalnya dewan direksi)
H. Pertanyaan interaktif: Melaporkan kecurangan
Selama pelaksanaan audit Saudara menemukan bahwa petugas penggajian
telah mencurangi klien dengan tidak menghapus orang-orang yang sudah tidak
bekerja di perusahaan klien dari daftar penggajian sampai dua bulan setelah
kepergian mereka, dan mencuri uangnya untuk dirinya sendiri.
Apa yang harus Saudara lakukan terkait dengan:
DOKUMEN
a. Menginformasikan klien?
Melapor ke tingkatan manajemen yang tepat
i.
ii. Apabila meyakini bahwa manajemen atau karyawan dengan peran yang
signifikan dalam pengendalian internal terlibat atas kecurangan yang
menyebabkan salah saji material dalam laporan keuangan, melapor ke
pihak-pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola (misalnya komite
audit) IAI
iii. Apabila integritas/kejujuran dari manajemen atau pihak-pihak yang
bertanggung jawab atas tata kelola diragukan, mencari nasihat hukum
b. Laporan audit?
i. Apabila kesalahan diperbaiki, tidak perlu untuk memodifikasi
ii. Apabila perbaikan tidak dibuat, maka laporan harus dimodifikasi
dengan sesuai
iii. Apabila akibat dari kecurangan tidak pasti maka sebuah paragraph
ketidakpastian yang signifikan harus dimasukkan
iv. Apabila akibat dapat ditentukan dan nilainya tidak disesuaikan dalam
laporan keuangan kecuali untuk/ketidaksepakatan
I. Menyimpulkan Kecurangan
Kecurangan merupakan biaya yang besar bagi bisnis dan audit yang diwajibkan
oleh undang-undang tidak dirancang untuk mengidentifikasi setiap
kecurangan di dalam sebuah audit, hanya kecurangan dengan dampak yang
material. Namun demikian, banyak pengguna laporan keuangan berekspektasi
bahwa proses audit harus mengungkap seluruh kecurangan di dalam sebuah
perusahaan. Hal ini merupakan fitur dari kesenjangan ekspektasi.
18