Page 59 - Modul CA Audit & Asurans IAI- Silabus 2019
P. 59
AUDIT & ASURANS
Mengapa kecurangan tidak ditemukan
i. Ingatkan Ray bahwa pencegahan dan deteksi atas eror dan kecurangan merupakan
tanggung jawab utama dari manajemen.
ii. Tujuan dari prosedur audit bukan untuk menemukan eror dan kecurangan, tapi
untuk memungkinkan auditor membentuk opininya terhadap laporan keuangan:
ekspekstasi yang wajar dalam menemukan eror dan kecurangan.
iii. Kelemahan ditunjukkan di dalam surat manajemen terakhir, mencakup seluruh
cabang dengan ukuran yang sama, bersama dengan saran untuk perbaikan.
iv. Diskusikan respon manajemen – alasan mengapa saran tidak diimplementasikan.
v. Kertas kerja audit memberikan rincian atas pekerjaan yang dilakukan di Goose
Green, yang sesuai dengan SA.
Dampak terhadap laporan keuangan
i. Nilainya material dalam konteks cabang – terutama karena hal ini dapat mengubah
laba menjadi rugi – namun kemungkinan besar tidak material dalam konteks
perusahaan secara umum (3,3% dari laba sebelum pajak). Laporan keuangan 20X1
tidak memerlukan penyesuaian kecuali jika kecurangan yang ditemukan lebih luas
DOKUMEN
lagi.
ii. Dampak potensial dari kelemahan pengendalian tidak dianggap cukup material
untuk menjamin modifikasi dalam laporan keuangan 20X1, namun masalah ini
ditelaah setiap tahun.
iii. Modifikasi mungkin diberikan tahun ini apabila terdapat gangguan yang signifikan
IAI
pada pengendalian dan/atau kecurangan yang sebenarnya (apakah kecurangan
Goose Green berlanjut ke 20X2?)
b. Area yang dipertimbangkan untuk menetapkan tingkat kecurangan/kerugian dan
alasannya
Area Alasan mempertimbangkan
Berapa lama petugas tersebut telah Untuk menetapkan berapa lama
bekerja di cabang Goose Green (GG). kecurangan tersebut telah berlangsung.
Hubungan antar staf di cabang GG. Kemungkinan atas kolusi.
Cabang lain dengan lingkungan Untuk menetapkan kemungkinan
pengendalian yang buruk adanya kecurangan di cabang lain
(semuanya?). secara umum.
Hubungan antara staf di cabang GG Dapatkan kecurangan tersebut
(terutama petugas buku penjualan) dikisarkan kepada staf di cabang lain?
dengan staf di cabang lain.
Apakah manajer cabang GG Dapat mengindikasikan cabang lain
menjalankan cabang lain. di mana kecurangan mungkin tidak
terdeteksi.
49