Page 175 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 175

(7)  Aplikasi Konsep CVP untuk Pengambilan Keputusan


                             Dapat dilihat dari pembahasan di atas, bahwa analisis CVP dapat digunakan

                             untuk  membantu  mengarahkan  pengambilan  keputusan.  Setiap  pilihan
                             keputusan akan mempengaruhi harga jual, biaya variabel per unit, biaya tetap,

                             unit  yang  dijual  dan  profit.  Analisis  CVP  membantu  manajer  dalam
                             pengambilan keputusan produk dengan mengestimasi profit yang diharapkan

                             dari setiap pilihan.


                             Tidak perlu membuat laporan laba rugi untuk setiap pilihan keputusan. Cukup

                             dengan  menggunakan  analisis  incremental  (incremental  analysis):  fokus
                             hanya  pada  item-item  pendapatan,  biaya,  dan  volume  yang  akan  berubah

                               DOKUMEN
                             sebagai  dampak  jika  suatu  program/rencana  akan  diterapkan.  Penerapan
                             konsep analisis CVP adalah sebagai berikut:



                             (a)  Perubahan dalam biaya tetap dan volume penjualan
                                                     IAI

                                   Misalkan PT ABC saat ini menjual sepatu sebanyak 500 pasang per bulan
                                   seharga  Rp  400.000  per  pasang.  Jika  manajer  berencana  untuk

                                   meningkatkan  anggaran  biaya  iklan  bulanan  sebesar  Rp  25  juta  yang
                                   diperkirakan akan meningkatkan penjualan menjadi sebanyak 740 unit,

                                   haruskan keputusan meningkatkan biaya iklan diambil?
                                   Data tambahan sebagai berikut:

                                                                                   Persen       terhadap

                                                                                   penjualan
                                     Penjualan                 Rp 200.000.000      100%

                                     Biaya variabel            Rp75.000.000        37.5%

                                     Marjin kontribusi         Rp 125.000.000      62.5%
                                     Biaya tetap               Rp 50.000.000

                                     Laba bersih operasi       Rp 75.000.000






                                                              170
   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180