Page 175 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 175
(7) Aplikasi Konsep CVP untuk Pengambilan Keputusan
Dapat dilihat dari pembahasan di atas, bahwa analisis CVP dapat digunakan
untuk membantu mengarahkan pengambilan keputusan. Setiap pilihan
keputusan akan mempengaruhi harga jual, biaya variabel per unit, biaya tetap,
unit yang dijual dan profit. Analisis CVP membantu manajer dalam
pengambilan keputusan produk dengan mengestimasi profit yang diharapkan
dari setiap pilihan.
Tidak perlu membuat laporan laba rugi untuk setiap pilihan keputusan. Cukup
dengan menggunakan analisis incremental (incremental analysis): fokus
hanya pada item-item pendapatan, biaya, dan volume yang akan berubah
DOKUMEN
sebagai dampak jika suatu program/rencana akan diterapkan. Penerapan
konsep analisis CVP adalah sebagai berikut:
(a) Perubahan dalam biaya tetap dan volume penjualan
IAI
Misalkan PT ABC saat ini menjual sepatu sebanyak 500 pasang per bulan
seharga Rp 400.000 per pasang. Jika manajer berencana untuk
meningkatkan anggaran biaya iklan bulanan sebesar Rp 25 juta yang
diperkirakan akan meningkatkan penjualan menjadi sebanyak 740 unit,
haruskan keputusan meningkatkan biaya iklan diambil?
Data tambahan sebagai berikut:
Persen terhadap
penjualan
Penjualan Rp 200.000.000 100%
Biaya variabel Rp75.000.000 37.5%
Marjin kontribusi Rp 125.000.000 62.5%
Biaya tetap Rp 50.000.000
Laba bersih operasi Rp 75.000.000
170