Page 134 - Modul CAFB - Akuntansi Keuangan - 2025
P. 134

Proses  ini  dapat  dikerjakan  secara  manual  atau  dengan  perkembangan
                  teknologi informasi, sehingga lebih cepat dan akurat.



                  A.    Arus Informasi Akuntansi
                  Debit atau kredit tidak bermakna kenaikan atau penurunan. Istilah debit dan
                  kredit  dicatat  disebelah  kiri;  sebaliknya  kredit  berarti  dicatat  disebelah

                  kanan.
                  Pencatatan  menggunakan  akun  yaitu  klasifikasi  umum  yang  digunakan

                  dalam sistem akuntansi untuk merujuk sifat yang sama. Akun-akun tersebut

                  dikelompokkan  dalam  lima  bagian  besar,  yaitu  aset,  liabilitas,  ekuitas,
                  pendapatan dan beban.

                  Selanjutnya  sistem  pencatatan  akuntansi  yang  digunakan  secara  umum
                  oleh  perusahaan  adalah  sistem  pembukuan  berganda  (double  entry

                               DOKUMEN
                  syistem),  yaitu  apabila  ada  suatu  pencatatan  yang  dibuat  perusahaan,
                  maka akan berdampak ganda, yaitu minimal satu pencatatan disisi debit

                  dan minimal satu pencatatan disisi kredit.

                  Pencatatan  yang  dilakukan  pada  sisi  debit  atau  kredit  ditentukan
                                                     IAI
                  berdasarkan kesepakatan bersama dalam dunia akuntansi, yaitu:

                                                  Debit              Kredit

                      Akun aset               Meningkat (+)     Menurun (-)
                      Akun liabilitas         Menurun (-)       Meningkat (+)

                      Akun ekuitas            Menurun (-)       Meningkat (+)

                      Akun pendapatan         Menurun (-)       Meningkat (+)
                      Akun beban              Meningkat (+)     Menurun (-)



                  B.    Laporan  Keuangan  dan  Kerangka  Peraturan  untuk  Laporan
                        Keuangan Perusahaan
                  Laporan keuangan lengkap terdiri dari:
                  (1)  Laporan posisi keuangan pada akhir periode;

                  (2)  Laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain selama periode;

                  (3)  Laporan perubahan ekuitas selama periode;
                  (4)  Laporan arus kas selama periode;






                  Ikatan Akuntan Indonesia | 122
   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139