Page 206 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 206

tambah  yang ditemukan selama audit atas penambahan aset  dapat ditelusuri ke

                           penghapusan peralatan lama dari buku klien.
               (2)  Kelengkapan

                     (a)  Melakukan review atas kebijakan kapitalisasi untuk memastikan bahwa seluruh
                           pengeluaran kapital yang signifikan telah dikapitalisasi secara memadai.

                     (b)  Melakukan  review  atas  pembukuan  beban  perbaikan  dan  pemeliharaan  untuk
                           menentukan apakah beberapa item seharusnya dikapitalisasi.

                           Auditor  juga  menentukan  bahwa  penambahan  kapitalisasi  telah  tepat  dan  tidak

                           seharusnya  dibebankan  sebagai  biaya  perbaikan  dan  pemeliharaan  atau  biaya
                           lainnya.  Perusahaan  seringkali  membuat  judgment  mengenai  apakah  sebuah

                           pengeluaran  tertentu  harus  dikapitalisasi  atau  dibebankan  sebagai  perbaikan.

                           Sebagian besar perusahaan memiliki kebijakan, biasanya berdasarkan materialitas
                           dan  biaya  pencatatan,  mengenai  apakah  pengeluaran  di  bawah  jumlah  tertentu

                           merupakan beban – bahkan apabila pengeluaran tersebut terlihat bersifat kapital.
                               DOKUMEN
                           Biasanya,  auditor  memulainya  dengan  menentukan  apakah  kebijakan  tersebut

                           masuk  akal.  Lebih  lanjut  lagi,  auditor  mempertimbangkan  apakah  manajemen
                           mungkin  mencoba  untuk  tidak  patuh  dengan  kebijakan  tersebut  dikarenakan
                                                     IAI
                           insentif untuk memanipulasi laba yang dilaporkan, sebagai contoh, menurunkan

                           laba yang dilaporkan dalam suatu periode yang baik dan sebaliknya dalam sebuah
                           periode yang buruk. Apabila auditor mempersepsikan bahwa risiko tersebut dapat

                           terjadi kepada klien tertentu, auditor akan menyesuaikan prosedurnya, biasanya
                           dengan meminta klien menyiapkan daftar baik penambahan aset tidak lancar dan

                           transaksi beban perbaikan dan pemeliharaan. Transaksi  yang dipilih dari kedua
                           daftar dapat dilakukan vouching ke tagihan vendor, pesanan pekerjaan, atau bukti

                           pendukung lainnya untuk menentukan klasifikasi yang tepat.

               (3)  Hak/kewajiban
                     (a)  Melakukan tanya jawab dengan manajemen mengenai apakah terdapat aset tidak

                           lancar yang dijaminkan.

                     (b)  Menginspeksi dokumen kepemilikan.
                     (c)  Menginspeksi kebijakan asuransi.

                     (d)  Menginspeksi catatan dan bukti pembayaran pajak atas aset tidak lancar.
               (4)  Valuasi



                                                           199
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211