Page 13 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 13
C. Pemangku Kepentingan (Stakeholder) Dalam Bisnis
Pada gambar 1.1. dapat dilihat bahwa bisnis yang berorientasi mencari
keuntungan mempunyai tujuan untuk memakmurkan para pemiliknya sedangkan
organisasi yang berorientasi non profit mempunyai tujuan untuk menyediakan jasa
(dan atau barang) bagi pelayanan publik. Pada kedua kasus tersebut setiap
organisasi mempunyai stakeholder (pemangku kepentingan).
Stakeholder adalah : orang atau sekelompok orang yang mempunyai bagian
dalam sebuah perusahaan. Hal ini mempunyai arti bahwa mereka mempunyai
kepentingan untuk mengetahui bagaimana sebuah perusahaan berjalan dan
bagaimana performanya.
DOKUMEN
Pada sebuah perusahan, pemangku kepentingan yang utama adalah para
pemegang saham (shareholders). Dalam hal ini uang yang diinvestasikan dalam
bisnis dapat “dipertaruhkan” karena dapat hilang jika bisnis berjalan tidak baik
IAI
dan sebaliknya akan mendapatkan keuntungan di saat bisnis berjalan dengan baik.
Sebuah perusahaan mempunyai kewajiban utama terhadap para pemegang saham
untuk menjaga kepentingan mereka, selain itu perusahaan juga mempunyai
stakeholder sekunder yang biasanya dari pihak eksternal yang membuat
perusahaan harus bertanggung jawab pula terhadap mereka.
Para pemangku kepentingan dalam sebuah perusahaan dapat dibagi menjadi :
Tabel 1.2
Pemangku kepentingan (stakeholders) dalam perusahaan
Pemangku kepentingan Kepentingan yang Apa yang diharapkan dalam bisnis ?
(stakeholders) dalam bisnis dimiliki
Pemegang saham Uang yang ditanamkan Mendapatkan keuntungan dari
investasi yang ditanamkan
Direktur/ manajer. Pekerja Mata pencaharian, Imbalan yang adil dan berkembang
dan serikat pekerja karier dan reputasi Karier yang meningkat
Lingkungan kerja yang aman
Pelatihan
Progam pensiun
Pelanggan Pelayanan dengan wajar Produk dan jasa yang diberikan
dan jujur dalam kualitas yang baik
Perdagangan yang jujur
7