Page 16 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 16
(b) Tujuan sekunder
Tujuan sekunder dapat membantu terwujudnya dari tujuan utama. Adapun
jenisnya sebagai berikut :
i. Posisi pasar
Mencapai tingkat posisi pasar tertentu dari pasar tempat bisnis
beroperasi, pertumbuhan penjualan , mencari konsumen dan konsumen
potensial, menghindari kehilangan pelanggan dalam penjualan,
memasuki atau meninggalkan pasar di waktu yang tepat.
ii. Pengembangan produk
Membuat produk baru, mengembangkan produk, investasi dalam riset
dan pengembangan, menyediakan produk dengan mutu yang sesuai
dengan harga yang ditawarkan.
DOKUMEN
iii. Teknologi
Meningkatkan produksi dari sumber daya yang tersedia, mengurangi
biaya per unit dari keluaran yang dihasilkan, serta mengeksploitasi
IAI
teknologi yang sesuai
iv. Tenaga kerja dan manajemen
Melatih tenaga kerja guna meningkatkan kemampuan, mengurangi
tingkat perputaran tenaga kerja, menciptakan inovasi, fleksibiltas
dalam budaya dan mempekerjakan pimpinan yang berkomitmen tinggi.
(2) Apakah Kemakmuran Merupakan Selalu Menjadi Tujuan Utama Dari
Bisnis?
Ketika seorang menaruh uangnya untuk dipertaruhkan (wirausahawan)
mempunyai kuasa penuh atas manajemen dalam menjalankan bisnis, dan dalam
contoh kasus pada perusahaan kecil dan persekutuan mencapai maksimum profit
guna mencapai kemakmuran adalah tujuan yang sangat penting. Demikian pula
pada perusahaan perseroan yang dimiliki oleh para pemegang saham, tetapi
manajemennya dijalankan oleh orang yang tidak memiliki saham, juga
mengharapkan terjadinya kemakmuran.
10