Page 17 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 17
Namun ada kalanya seorang manager tidak selalu membuat tindakan yang dapat
memakmurkan para pemegang saham. Para manager tidak mempunyai
kepentingan pribadi dalam mencapai kemakmuran, mereka hanya bertanggung
jawab kepada para pemilik.
Keadaan pasar mungkin hanya mempunyai tekanan kompetitif yang sedikit untuk
mencapai tingkat efisiensi dari meminumkan biaya dan memaksimumkan
keuntungan, hal ini dapat saja terjadi karena hanya sedikit pelaku pasar yang
beroperasi.
(1) Kepuasan laba.
Keputusan mungkin diambil oleh manajer dengan tujuan manajerial dalam
pikiran mereka sendiri daripada tujuan memaksimalkan kemakmuran.
DOKUMEN
Seorang manajer perusahaan dapat memilih untuk mencapai laba yang
memuaskan, dengan beroperasi pada tingkat laba dan risiko yang dapat
diterima oleh pemegang saham, dan memberikan keuntungan yang cukup
IAI
untuk investasi masa depan dalam pertumbuhan, tetapi yang tidak dirancang
secara aktif untuk memaksimalkan keuntungan dan kemakmuran pemegang
saham. Hal ini disebut “satisficing” atau kepuasan seorang manager, dan
dikaitkan dengan pandangan proses strategi yang disebut "rasionalitas
terbatas" yang diajukan oleh ekonom Herbert Simon yang akan dikaji lebih
lanjut pada bab selanjutnya.
(2) Maksimasi pendapatan
Sebuah bisnis harus memaksimumkan pendapatan (tidak hanya keuntungan
atau kemakmuran) dalam hal menjaga atau meningkatkan pangsa pasar,
menjamin kelangsungan hidup dan mengurangi persaingan, Hal ini yang
menjadi pertimbangan dari William Baumol. Manajer mendapatkan
keuntungan secara pribadi dengan mengikuti tujuan ini karena gengsi dalam
menjalankan perusahaan besar, dan juga karena gaji dan tunjangan lain
mungkin lebih tinggi di perusahaan yang lebih besar daripada di perusahaan
yang lebih kecil.
11