Page 49 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 49

5.    Menentukan mengapa manajemen bisnis memerlukan informasi tentang pengukuran kinerja

                     termasuk area non-rutin seperti dalam mendukung manajemen keberlanjutan suatu entitas.
               6.    Mengidentifikasi  peran  akuntan  dalam  mempersiapkan  dan  menyajikan  informasi  untuk

                     manajemen bisnis.




               A.    Aktivitas Fungsi Keuangan


               Fungsi keuangan terdiri dari setidaknya empat kelompok besar aktivitas yang saling berhubungan
               satu sama lain, yakni:


               (1)  Melakukan pencatatan transaksi keuangan dan pelaporan keuangan, termasuk di dalamnya:
                     (a)  Melakukan pencatatan transaksi pada buku entitas.

                     (b)  Mengikhtisarkan transaksi.
                     (e)  Pelaporan pajak.  DOKUMEN
                     (c)  Memastikan sumber daya yang dimiliki entitas diawasi dengan baik.
                     (d)  Menyiapkan laporan keuangan untuk pihak eksternal.



                                                       IAI
                     (f)   Pelaporan kepada pemerintah.
               (2)  Menjalankan peran akuntansi manajemen, termasuk di dalamnya:
                     (a)  Menyiapkan  laporan  keuangan  untuk  keperluan  internal  (untuk  perencanaan  dan

                           pengendalian).

                     (b)  Mengidentifikasi biaya per unit dari suatu produk/jasa termasuk mengklasifikasikan
                           sebagai biaya variabel dan tetap, atau biaya langsung dan biaya tidak langsung.

                     (c)  Melakukan perencanaan dengan menyiapkan anggaran.
                     (d)  Membantu manajemen dalam pengambilan keputusan.

                     (e)  Menyiapkan ukuran kinerja dan menganalisis kinerja (analisis varians).
                     (f)   Menganalisis keputusan investasi.

                     (g)  Menentukan harga transfer antardepartemen.

               (3)  Melakukan aktivitas manajemen tresuri, termasuk di dalamnya:
                     (a)  Menyiapkan dan mengawasi anggaran kas.

                     (b)  Mengelola surplus dan defisit pada saldo kas.

                     (c)  Mengelola modal kerja harian untuk mengoptimalkan arus kas.
                     (d)  Menganalisis kebutuhan pendanaan jangka pendek dan jangka panjang.

                                                             43
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54