Page 242 - Modul CGAA Pusat
P. 242

A.    APA ITU SAKTI?

                  Sistem  Aplikasi  Keuangan Tingkat  Instansi  (SAKTI)  adalah aplikasi  yang digunakan

                  sebagai  sarana  bagi  satker  dalam  mendukung  implementasi  SPAN  untuk  melakukan
                  pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban

                  anggaran.

                  Saat ini satker menggunakan sekitar 8 (delapan) aplikasi dalam pelaksanaan anggaran.

                  Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut tidak jarang harus melakukan input data yang sama
                  secara manual dan berulang-ulang. Kondisi ini tidak efektif dan menyita banyak waktu

                  dalam melakukan pekerjaan adminsitratif.

                           WEB VERSION
                  SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada, aplikasi-aplikasi tersebut akan
                  mengakses database yang sama (SAKTI menerapkan konsep single database) sehingga
                                                  IAI
                  menghindari duplikasi data dan mengurangi pekerjaan administratif. SAKTI mempunyai
                  fungsi  utama  dari  mulai  Perencanaan,  Pelaksanaan  hingga  Pertanggungjawaban

                  Anggaran.  Aplikasi  SAKTI  digunakan  oleh  entitas  akuntansi  dan  entitas  pelaporan
                  Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan

                  dilakukan secara sistem elektronik.

                  SAKTI terdiri atas SAKTI online dan SAKTI offline, yang menggunakan sistem single

                  entry point, single database, dan akuntansi berbasis akrual. Adapun periodisasi transaksi
                  dalam SAKTI meliputi Januari sampai dengan Desember, unaudited, dan audit.




                  B.    RUANG LINGKUP APLIKASI SAKTI

                  Sistem  Aplikasi  Keuangan  Tingkat  Instansi  (SAKTI)  mencakup  seluruh  proses

                  pengelolaan  keuangan  negara  pada  SATKER  dimulai  dari  proses  Penganggaran,

                  Pelaksanaan, sampai dengan Pelaporan. Masing-masing  proses pengelolaan keuangan
                  diperankan oleh modul-modul aplikasi sebagai berikut:


                  1.    Proses penganggaran diperankan oleh modul Penganggaran.
                  2.    Proses  pelaksanaan  diperankan  oleh  beberapa  modul,  yaitu  modul  Komitmen

                        (meliputi sub-modul Manajemen Supplier dan sub-modul Manajemen Komitmen),
                        modul Bendahara, modul Aset Tetap, modul Persediaan, dan modul Pembayaran.

                  3.    Proses pelaporan diperankan oleh modul GL dan Pelaporan.








                                                                                                    235
   237   238   239   240   241   242   243   244   245   246   247