Page 201 - Modul CA Audit & Asurans IAI- Silabus 2019
P. 201

AUDIT & ASURANS




                                       Situasi                         Mengapa diperhitungkan

                           Sifat bisnis (lingkungan garasi).    Meningkatkan risiko kehilangan
                                                                persediaan dan uang akibat dari
                                                                pencurian oleh pegawai.
                                                                Dapat membatasi efektivitas dari
                                                                pengendalian keamanan fisik (akses
                                                                yang telalu luas terhadap terminal).
                           Perkenalan terbaru atas              Meningkatkan risiko inheren (risiko
                            penjualan tiket Undian              apabila jumlah yang salah dibayarkan

                            Nasional.                           kepada pemenang).
                           Input langsung pada komputer    Meningkatkan risiko kesalahan penyajian,
                            di cabang.                          dikarenakan pengawasan batch tidak
                                                                lagi dapat diterapkan dan ruang lingkup
                                                                atas pengendalian input lainnya menjadi
                                                                terbatas.

                               DOKUMEN
                           Jumlah pegawai yang sedikit          Membatasi ruang lingkup untuk
                            di setiap lokasi (satu atau         pemisahan tugas di cabang sehingga
                            dua).                               meningkatkan risiko pengendalian.
                           Sifat bisnis berdasarkan             Membatasi efektivitas dari pengendalian
                                                     IAI
                            cabang.                             manajemen terhadap aktivitas lain dari
                                                                setiap cabang sehingga meningkatkan
                                                                risiko pengendalian.
                           Pegawai paruh waktu dan              Dapat menghalangi efektivitas
                            turnover pegawai yang tinggi.       pengendalian di cabang.


                   b)  Dampak pekerjaan audit internal terhadap perencanaan audit
                       i.   Identifikasi dan dokumentasi atas area yang menjadi kelemahan oleh auditor inter-

                           nal akan memberikan arahan pada area yang memerlukan prosedur substantif yang
                           tinggi.
                       ii.  Pekerjaan auditor internal dapat membantu dalam memilih cabang yang akan di-
                           kunjungi (dimana kegagalan pengendalian pernah terjadi).
                       iii.  Auditor internal dapat mengikuti perhitungan persediaan akhir tahun di satu atau
                           lebih cabang, yang secara potensial dapat mengurangi jumah cabang yang perlu di-
                           kunjungi.
                       iv.  Pekerjaan yang dilakukan oleh auditor internal dapat memberikan bukti untuk me-
                           mastikan pelaksanaan prosedur pengendalian, yang dapat diandalkan untuk men-
                           gurangi prosedur yang perlu dilalui.
                       v.  Dokumentasi atas sistem dan pengendalian oleh auditor internal, termasuk peruba-
                           han akibat Lotre Nasional, dapat mengurangi rencana kunjungan, karena pemerik-
                           saan walk-through adalah memadai untuk memastikan dokumentasi sistem.




                                                                                                                 191
   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206