Page 201 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 201

(iii)  Kuantifikasi atas standar kualitas

                                         Kualitas  dapat  diukur  dari  biaya-biayanya,  jika  biaya  kualitas
                                         menurun,  maka  akan  dihasilkan  kualitas  yang  lebih  tinggi.

                                         Perusahaan  dengan  program  manajemen  kualitas  yang  berjalan
                                         baik,  dapat  berjalan  dengan  biaya  kualitas  sekitar  2.5%  dari

                                         penjualan.  Standar  2.5%  ini  adalah  persentase  untuk  total  biaya

                                         kualitas. Jika zero defect tercapai, maka nilai ini adalah untuk biaya
                                         pencegahan dan penilaian.



                                   (iv)  Standar fisik

                                         Untuk  manajer  lini  dan  bagian  operasional,  ukuran  fisik  dari

                               DOKUMEN
                                         kualitas – seperti jumlah kerusakan per unit, persentase kegagalan
                                         eksternal, kesalahan penagihan, dan kesalahan kontrak – mungkin

                                         lebih  bermakna.  Untuk  ukuran  fisik,  standar  kualitasnya  adalah

                                         zero  defect  atau  zero  error,  dengan  tujuan  agar  setiap  orang
                                                     IAI
                                         bertindak dengan benar sejak awal.

                                   (v)  Penggunaan standar interim

                                         Bagi  sebagian  besar  perusahaan,  standar  zero  defect  merupakan
                                         tujuan jangka panjang, sehingga standar perbaikan kualitas secara

                                         tahunan  perlu  dikembangkan  agar  manajer  dapat  menggunakan
                                         laporan kinerja untuk menilai kemajuan  yang dicapai  atas dasar

                                         interim.
                             (b)  Jenis Laporan Kinerja Kualitas

                                   Laporan kinerja kualitas mengukur kemajuan yang direalisasikan oleh

                                   program  peningkatan  kualitas  perusahaan.  Terdapat  tiga  jenis  laporan
                                   biaya kualitas:

                                   (i)   Laporan standar interim
                                         Perusahaan harus menyiapkan standar kualitas interim setiap tahun

                                         dan  membuat  perencanaan  untuk  mencapai  tingkat  yang
                                         ditargetkan.  Setiap  akhir  tahun,  laporan  kinerja  tahunan  dibuat





                                                              196
   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206