Page 201 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 201
(iii) Kuantifikasi atas standar kualitas
Kualitas dapat diukur dari biaya-biayanya, jika biaya kualitas
menurun, maka akan dihasilkan kualitas yang lebih tinggi.
Perusahaan dengan program manajemen kualitas yang berjalan
baik, dapat berjalan dengan biaya kualitas sekitar 2.5% dari
penjualan. Standar 2.5% ini adalah persentase untuk total biaya
kualitas. Jika zero defect tercapai, maka nilai ini adalah untuk biaya
pencegahan dan penilaian.
(iv) Standar fisik
Untuk manajer lini dan bagian operasional, ukuran fisik dari
DOKUMEN
kualitas – seperti jumlah kerusakan per unit, persentase kegagalan
eksternal, kesalahan penagihan, dan kesalahan kontrak – mungkin
lebih bermakna. Untuk ukuran fisik, standar kualitasnya adalah
zero defect atau zero error, dengan tujuan agar setiap orang
IAI
bertindak dengan benar sejak awal.
(v) Penggunaan standar interim
Bagi sebagian besar perusahaan, standar zero defect merupakan
tujuan jangka panjang, sehingga standar perbaikan kualitas secara
tahunan perlu dikembangkan agar manajer dapat menggunakan
laporan kinerja untuk menilai kemajuan yang dicapai atas dasar
interim.
(b) Jenis Laporan Kinerja Kualitas
Laporan kinerja kualitas mengukur kemajuan yang direalisasikan oleh
program peningkatan kualitas perusahaan. Terdapat tiga jenis laporan
biaya kualitas:
(i) Laporan standar interim
Perusahaan harus menyiapkan standar kualitas interim setiap tahun
dan membuat perencanaan untuk mencapai tingkat yang
ditargetkan. Setiap akhir tahun, laporan kinerja tahunan dibuat
196