Page 59 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 59
A. Faktor Penting Dalam Penetapan Harga
Harga sangat bergantung pada kekuatan permintaan dan penawaran. Terdapat tiga
faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran pasar, yaitu pelanggan,
pesaing, dan biaya.
Pelanggan adalah pihak yang akan membeli barang atau jasa dari organisasi.
Merekalah yang akan menentukan seberapa banyak permintaan atas output
perusahaan. Oleh karena itu, permintaan pelanggan menjadi penting dalam setiap
tahapan operasi bisnis, mulai dari desain produk hingga penetapan harga. Desain
produk dan pertimbangan harga merupakan dua hal yang saling terkait, sehingga
harus dievaluasi secara bersamaan. Sebagai contoh, apabila pelanggan menginginkan
produk yang berkualitas tinggi, maka akan diperlukan waktu pengerjaan yang lebih
DOKUMEN
banyak dan bahan baku yang lebih mahal. Untuk produk ini tentu saja harga yang
ditetapkan akan lebih tinggi. Meskipun demikian, manajer juga harus menempatkan
diri dalam posisi pelanggan untuk memastikan bahwa harga tersebut masih
IAI
terjangkau oleh pelanggan yang menjadi target pasar mereka. Karena permintaan
pelanggan merupakan hal yang penting, perusahaan secara rutin akan melakukan
riset pasar untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan kampanye uji coba
peluncuran produk baru. Selain itu, manajer juga dapat memperoleh informasi pasar
dari masukan yang diberikan oleh pegawai di bagian pemasaran.
Manajer harus senantiasa waspada dengan aksi yang dilakukan oleh pesaing. Dalam
hal ini, manajer diharapkan berusaha untuk mempelajari teknologi, kapasitas
produksi, dan strategi operasi pesaing sehingga dapat memperkirakan biaya yang
dikeluarkan oleh pesaing. Informasi mengenai biaya ini merupakan hal yang penting
dalam penetapan harga. Namun demikian, jenis produk yang ditawarkan perusahaan
juga dapat mempengaruhi penetapan harga yang dilakukan perusahaan. Untuk
produk yang tidak memiliki ciri khas dan ada banyak pesaing yang menawarkan
produk serupa, perusahaan akan bertindak sebagai price taker. Sementara perusahaan
yang menawarkan produk yang memiliki fitur khusus dan berbeda dari produk yang
54