Page 59 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 59

A.   Faktor Penting Dalam Penetapan Harga

                        Harga sangat bergantung pada kekuatan permintaan dan penawaran. Terdapat tiga
                        faktor  yang  mempengaruhi  permintaan  dan  penawaran  pasar,  yaitu  pelanggan,

                        pesaing, dan biaya.


                        Pelanggan  adalah  pihak  yang  akan  membeli  barang  atau  jasa  dari  organisasi.

                        Merekalah  yang  akan  menentukan  seberapa  banyak  permintaan  atas  output
                        perusahaan. Oleh karena itu, permintaan pelanggan menjadi penting dalam setiap

                        tahapan operasi bisnis, mulai dari desain produk hingga penetapan harga. Desain

                        produk dan pertimbangan harga merupakan dua hal  yang saling terkait, sehingga
                        harus dievaluasi secara bersamaan. Sebagai contoh, apabila pelanggan menginginkan

                        produk yang berkualitas tinggi, maka akan diperlukan waktu pengerjaan yang lebih
                               DOKUMEN
                        banyak dan bahan baku yang lebih mahal. Untuk produk ini tentu saja harga yang

                        ditetapkan akan lebih tinggi.  Meskipun demikian, manajer juga harus menempatkan
                        diri  dalam  posisi  pelanggan  untuk  memastikan  bahwa  harga  tersebut  masih
                                                     IAI
                        terjangkau oleh pelanggan yang menjadi target  pasar mereka. Karena permintaan

                        pelanggan merupakan hal  yang penting, perusahaan secara rutin akan melakukan
                        riset pasar untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan kampanye uji coba

                        peluncuran produk baru. Selain itu, manajer juga dapat memperoleh informasi pasar
                        dari masukan yang diberikan oleh pegawai di bagian pemasaran.


                        Manajer harus senantiasa waspada dengan aksi yang dilakukan oleh pesaing. Dalam

                        hal  ini,  manajer  diharapkan  berusaha  untuk  mempelajari  teknologi,  kapasitas

                        produksi, dan strategi operasi pesaing sehingga dapat memperkirakan biaya  yang
                        dikeluarkan oleh pesaing. Informasi mengenai biaya ini merupakan hal yang penting

                        dalam penetapan harga. Namun demikian, jenis produk yang ditawarkan perusahaan

                        juga  dapat  mempengaruhi  penetapan  harga  yang  dilakukan  perusahaan.  Untuk
                        produk yang tidak memiliki ciri khas dan ada banyak pesaing  yang menawarkan

                        produk serupa, perusahaan akan bertindak sebagai price taker. Sementara perusahaan
                        yang menawarkan produk yang memiliki fitur khusus dan berbeda dari produk yang






                                                               54
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64