Page 61 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 61

Sementara perusahaan yang beroperasi pada pasar yang tidak terlalu kompetitif dapat

                        menggunakan kedua metode di atas dalam penetapan harga untuk produk.


                        (1)  Penetapan harga berdasarkan biaya
                             Formula dasar dalam penetapan harga berdasarkan biaya adalah menambahkan

                             komponen  mark-up  pada  biaya  dasar.  Penambahan  mark-up  inilah  yang

                             membuat metode ini sering kali juga disebut sebagai cost plus pricing, dimana
                             terminologi “plus” mengacu pada mark-up yang ditambahkan pada biaya yang

                             menjadi  dasar  perhitungan.  Jumlah  mark-up  yang  ditambahkan  sifatnya

                             fleksibel, tergantung dari pelanggan dan aksi pesaing.


                                           Harga = Biaya + (persentase              x biaya)
                               DOKUMEN


                             Sebuah  perusahaan  dapat  melakukan  penetapan  harga  berdasarkan  biaya
                             dengan menggunakan:
                                                     IAI
                             (a)  total biaya,

                             (b)  total biaya produksi,
                             (c)  total  biaya  marjinal  (termasuk  di  dalamnya  biaya  produksi  marjinal,

                                   biaya penjualan, dan biaya administrasi), dan
                             (d)  biaya produksi marjinal.

                             Semakin banyak komponen biaya yang menjadi dasar perhitungan, persentase

                             mark-up akan lebih kecil. Hal ini mencerminkan bahwa harga harus mampu
                             menutup  seluruh  biaya  dan  laba  usaha  yang  normal.  Apabila  penghitungan

                             harga hanya memasukkan komponen biaya marjinal, maka komponen biaya
                             lain yang dikeluarkan oleh perusahaan harus ditutupi oleh mark-up. Kita akan

                             menggunakan  contoh  untuk  mengilustrasikan  bagaimana  perusahaan

                             menetapkan harga menggunakan keempat metode di atas.
                             PT Selalu Senang merupakan perusahaan  yang memproduksi mainan anak-

                             anak. Pada tahun 2018 perusahaan memiliki komponen biaya sebagai berikut:






                                                               56
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66