Page 61 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 61
Sementara perusahaan yang beroperasi pada pasar yang tidak terlalu kompetitif dapat
menggunakan kedua metode di atas dalam penetapan harga untuk produk.
(1) Penetapan harga berdasarkan biaya
Formula dasar dalam penetapan harga berdasarkan biaya adalah menambahkan
komponen mark-up pada biaya dasar. Penambahan mark-up inilah yang
membuat metode ini sering kali juga disebut sebagai cost plus pricing, dimana
terminologi “plus” mengacu pada mark-up yang ditambahkan pada biaya yang
menjadi dasar perhitungan. Jumlah mark-up yang ditambahkan sifatnya
fleksibel, tergantung dari pelanggan dan aksi pesaing.
Harga = Biaya + (persentase x biaya)
DOKUMEN
Sebuah perusahaan dapat melakukan penetapan harga berdasarkan biaya
dengan menggunakan:
IAI
(a) total biaya,
(b) total biaya produksi,
(c) total biaya marjinal (termasuk di dalamnya biaya produksi marjinal,
biaya penjualan, dan biaya administrasi), dan
(d) biaya produksi marjinal.
Semakin banyak komponen biaya yang menjadi dasar perhitungan, persentase
mark-up akan lebih kecil. Hal ini mencerminkan bahwa harga harus mampu
menutup seluruh biaya dan laba usaha yang normal. Apabila penghitungan
harga hanya memasukkan komponen biaya marjinal, maka komponen biaya
lain yang dikeluarkan oleh perusahaan harus ditutupi oleh mark-up. Kita akan
menggunakan contoh untuk mengilustrasikan bagaimana perusahaan
menetapkan harga menggunakan keempat metode di atas.
PT Selalu Senang merupakan perusahaan yang memproduksi mainan anak-
anak. Pada tahun 2018 perusahaan memiliki komponen biaya sebagai berikut:
56