Page 60 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 60

ditawarkan  pesaing  dapat  lebih  bebas  dalam  menetapkan  harga  bagi  produknya

                        tersebut.


                        Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan harga adalah biaya.
                        Pengaruh faktor ini terhadap harga dapat bervariasi, dan lagi-lagi bergantung pada

                        jenis produk yang ditawarkan perusahaan. Apabila perusahaan beroperasi pada bisnis

                        dimana ia merupakan price taker, maka perusahaan harus berusaha menekan biaya
                        di  bawah  harga  pasar  apabila  ingin  memperoleh  laba.  Hal  ini  berbeda  dengan

                        perusahaan yang menawarkan produk yang berbeda dari produk pesaing. Perusahaan

                        jenis ini dapat menetapkan harga berdasarkan biaya produksi.


                        B.   Metode Penetapan Harga Jangka Panjang
                               DOKUMEN
                        Penetapan harga dalam janga panjang merupakan keputusan stratejik yang dibuat

                        untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan berdasarkan harga
                        yang stabil. Manajer menginginkan harga yang stabil karena hal tersebut mengurangi
                                                     IAI
                        kebutuhan pengawasan terhadap harga secara terus menerus, dapat mempermudah

                        perencanaan, dan dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
                        Dalam penetapan harga  jangka panjang, manajer perlu  mempertimbangkan biaya

                        yang muncul di seluruh fungsi perusahaan. Di sinilah konsep biaya langsung dan
                        biaya  tidak  langsung  akan  digunakan.  Biaya  yang  muncul  dari  fungsi-fungsi

                        perusahaan yang tidak berhubungan langsung dengan produksi barang (contohnya
                        fungsi riset dan pengembangan, desain produk, pemasaran, distribusi, dan pelayanan

                        pelanggan)  merupakan  biaya  tidak  langsung.  Biaya  ini  akan  dialokasikan  pada

                        produk  dengan  metode  yang  sesuai.  Alokasi  seluruh  biaya  ini  diperlukan  karena
                        dalam  jangka  panjang  perusahaan  harus  mampu  menutup  seluruh  biaya  yang

                        dikeluarkan untuk dapat bertahan.


                        Ada  dua  metode  yang  lazim  diterapkan  dalam  penetapan  harga,  yaitu  penetapan

                        harga berdasarkan biaya dan penetapan harga berdasarkan pasar. Seperti yang telah
                        dijelaskan  sebelumnya,  perusahaan  yang  beroperasi  pada  pasar  yang  memiliki

                        banyak  pesaing  akan  menggunakan  metode  penetapan  harga  berdasarkan  pasar.



                                                               55
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65