Page 60 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 60
ditawarkan pesaing dapat lebih bebas dalam menetapkan harga bagi produknya
tersebut.
Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan harga adalah biaya.
Pengaruh faktor ini terhadap harga dapat bervariasi, dan lagi-lagi bergantung pada
jenis produk yang ditawarkan perusahaan. Apabila perusahaan beroperasi pada bisnis
dimana ia merupakan price taker, maka perusahaan harus berusaha menekan biaya
di bawah harga pasar apabila ingin memperoleh laba. Hal ini berbeda dengan
perusahaan yang menawarkan produk yang berbeda dari produk pesaing. Perusahaan
jenis ini dapat menetapkan harga berdasarkan biaya produksi.
B. Metode Penetapan Harga Jangka Panjang
DOKUMEN
Penetapan harga dalam janga panjang merupakan keputusan stratejik yang dibuat
untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan berdasarkan harga
yang stabil. Manajer menginginkan harga yang stabil karena hal tersebut mengurangi
IAI
kebutuhan pengawasan terhadap harga secara terus menerus, dapat mempermudah
perencanaan, dan dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Dalam penetapan harga jangka panjang, manajer perlu mempertimbangkan biaya
yang muncul di seluruh fungsi perusahaan. Di sinilah konsep biaya langsung dan
biaya tidak langsung akan digunakan. Biaya yang muncul dari fungsi-fungsi
perusahaan yang tidak berhubungan langsung dengan produksi barang (contohnya
fungsi riset dan pengembangan, desain produk, pemasaran, distribusi, dan pelayanan
pelanggan) merupakan biaya tidak langsung. Biaya ini akan dialokasikan pada
produk dengan metode yang sesuai. Alokasi seluruh biaya ini diperlukan karena
dalam jangka panjang perusahaan harus mampu menutup seluruh biaya yang
dikeluarkan untuk dapat bertahan.
Ada dua metode yang lazim diterapkan dalam penetapan harga, yaitu penetapan
harga berdasarkan biaya dan penetapan harga berdasarkan pasar. Seperti yang telah
dijelaskan sebelumnya, perusahaan yang beroperasi pada pasar yang memiliki
banyak pesaing akan menggunakan metode penetapan harga berdasarkan pasar.
55