Page 176 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 176

Berikut ilustrasi isi serangkaian dokumen audit secara umum:

               (1)  Laporan keuangan dan laporan audit
               (2)  Neraca saldo

               (3)  Jurnal penyesuaian
               (4)  Prosedur analitik

               (5)  Pengujian pengendalian dan substantif
               (6)  Pengendalian internal

               (7)  Informasi umum

               (8)  Program audit
               (9)  Dokumen permanen

               Dokumen  audit  dimulai  dengan  informasi  umum,  seperti  data  perusahaan  dalam  dokumen

               permanen,  dan  diakhiri  dengan  laporan  keuangan  dan  laporan  audit.  Di  antara  keduanya
               terdapat dokumen audit yang mendukung pengujian auditor.


                               DOKUMEN
               Secara umum, terdapat dua jenis dokumentasi:

               (1)  Dokumen permanen
                     Dokumen  permanen  berisi  data  historis  atau  data  yang  sifatnya  berkelanjutan,  yang
                                                     IAI
                     terkait dengan audit saat ini. Dokumen ini memberikan sumber informasi yang sesuai

                     mengenai  audit  yang  kepentingannya  berkelanjutan  dari  tahun  ke  tahun.  Dokumen
                     permanen biasanya termasuk hal-hal berikut:

                     (a)  Kutipan atau salinan dari dokumen perusahan yang penting secara berkelanjutan
                           seperti akta pendirian, anggaran dasar, anggaran rumah tangga, surat perjanjian

                           obligasi,  dan  kontrak.  Kontrak  dapat  termasuk  rencana  pensiun,  sewa,  opsi
                           saham,  dan  sebagainya.  Setiap  dokumen  tersebut  signifikan  bagi  auditor  untuk

                           waktu yang lama, dampaknya lebih lama dari untuk audit saat ini.

                     (b)  Analisis  dari  akun  tahun-tahun  sebelumnya  yang  penting  secara  berkelanjutan
                           bagi  auditor.  Hal  ini  termasuk  akun  seperti  utang  jangka  panjang,  ekuitas

                           pemegang  saham,  goodwill,  dan  aset  tetap.  Memiliki  informasi  ini  dalam

                           dokumen  permanen  membuat  auditor  berkonsentrasi  untuk  menganalisis  hanya
                           perubahan  pada  saldo  tahun  ini  dan  menyimpan  hasil  audit  tahun  sebelumnya

                           dalam bentuk yang mudah diakses untuk dilakukan review.
                     (c)  Informasi  terkait  dengan  pemahaman  atas  pengendalian  internal  dan  penilaian

                           risiko  pengendalian. Hal ini termasuk struktur organisasi,  flowchart, kuesioner,
                                                           169
   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181