Page 173 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 173
BAB 13
DOKUMENTASI
Pendahuluan
Auditor perlu mendokumentasikan hal-hal yang penting dalam memberikan baik bukti untuk
mendukung opini audit maupun bukti bahwa audit telah dilaksanakan sesuai dengan standar
audit. Dokumentasi audit merupakan bagian yang penting dari setiap audit untuk
merencanakan audit secara efektif, memberikan catatan atas bukti audit yang dikumpulkan
dan hasil dari pengujian, menentukan jenis laporan audit yang tepat, dan melakukan review
atas pekerjaan subordinat. Bab Dokumentasi memberikan penjelasan mengenai pentingnya
dokumentasi audit, bagaimana bentuk dan isi dokumentasi, kepemilikan dan hak akses
terhadap dokumentasi serta bagaimana auditor menjaga akses tersebut agar dokumentasi
dapat tersimpan dengan aman. Auditor yang berkualitas memastikan bahwa dokumentasi
audit telah disiapkan secara memadai dan mencukupi.
DOKUMEN
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami jenis kertas kerja.
IAI
2. Memahami bentuk dan isi kertas kerja.
3. Memahami mengapa penyedia asurans mencatat pekerjaan mereka.
4. Memahami mengapa dan bagaimana penyedia asurans menyimpan catatan ini.
A. Tujuan Dokumentasi
Dokumentasi merupakan catatan utama dari prosedur audit yang dilakukan, bukti audit yang
diperoleh, dan kesimpulan yang diambil oleh auditor di dalam sebuah perikatan.
Dokumentasi audit harus memuat seluruh informasi yang dianggap penting oleh auditor
untuk melaksanakan audit secara memadai dan mendukung laporan audit. Dokumentasi audit
dapat juga disebut sebagai kertas kerja, walaupun dokumentasi audit seringkali disimpan
dalam dokumen yang terkomputerisasi.
166