Page 177 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 177

dan  informasi  pengendalian  internal  lainnya,  termasuk  identifikasi  atas

                           pengendalian  dan  kelemahan  pada  sistem.  Catatan  ini  digunakan  sebagai  titik
                           awal  untuk  mendokumentasikan  pemahaman  auditor  atas  sistem  pengendalian,

                           mengingat aspek dari sistem seringkali tidak berubah dari tahun ke tahun.
               (2)  Dokumen tahun berjalan

                     Dokumen  tahun  berjalan  termasuk  seluruh  dokumentasi  audit  yang  dapat  digunakan
                     untuk tahun dimana audit dilaksanakan. Terdapat satu set dokumen permanen dan satu

                     set dokumen tahun berjalan untuk  audit setiap tahun.  Berikut merupakan jenis-jenis

                     informasi yang sering dimasukkan di dalam dokumen tahun berjalan:
                     (a)  Program  audit.  Standar  audit  menyaratkan  program  audit  yang  tertulis  untuk

                           setiap  audit.  Program  audit  biasanya  disimpan  dalam  dokumen  terpisah  untuk

                           meningkatkan koordinasi dan integrasi atas seluruh bagian dari audit, walaupun
                           beberapa  KAP  juga  memasukkan  salinan  dari  program  audit  ke  dalam

                           dokumentasi  audit  setiap  seksi.  Dengan  berjalannya  audit,  setiap  auditor
                               DOKUMEN
                           memberikan  inisial  atau  menandatangani  secara  elektronik  program  tersebut

                           untuk  prosedur  audit  yang  telah  dilaksanakan  dan  menunjukkan  tanggal
                           penyelesaian prosedur audit tersebut. Penyertaan program audit yang dirancang

                           dengan baik di dalam dokumen audit merupakan bukti dari audit yang berkualitas

                           tinggi.                   IAI
                     (b)  Informasi umum. Beberapa dokumen audit memasukkan informasi periode saat

                           ini  yang  bersifat  umum  dan  bukan  merupakan  bukti  yang  dirancang  untuk
                           mendukung  angka  laporan  keuangan  tertentu.  Hal  ini  termasuk  item  seperti

                           catatan perencanaan audit, ringkasan atau salinan dari notulensi pertemuan dewan
                           direksi,  ringkasan  dari  kontrak  atau  perjanjian  yang  tidak  termasuk  ke  dalam

                           dokumen  permanen,  catatan  atas  diskusi  dengan  klien,  komentar  review  dari

                           supervisor, dan kesimpulan umum.
                     (c)  Neraca  saldo.  Karena  dasar  untuk  penyusunan  laporan  keuangan  yakni  buku

                           besar, jumlah  yang ada  pada  catatan tersebut  merupakan titik fokus dari  audit.

                           Sedini  mungkin  setelah  tanggal  neraca,  auditor  memperoleh  daftar  akun  buku
                           besar dan saldo akhir tahunnya. Daftar tersebut merupakan neraca saldo. Teknik

                           yang  digunakan  oleh  banyak  KAP  yakni  dengan  mendapatkan  neraca  saldo
                           dengan format yang sama dengan laporan keuangan.



                                                           170
   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182