Page 35 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 35

Sistem informasi selain untuk menjalankan operasi perusahaan juga digunakan sebagai alat

               komunikasi di dalam organisasi. Komunikasi di dalam organisasi dapat terjadi secara vertikal
               maupun  horisontal.  Komunikasi  terjadi  diantara  para  personal  dalam  organisasi  dan  dapat

               terjadi dengan lingkungan perusahaan, yaitu para pihak-pihak yang berkepentingan terhadap
               perusahaan,  seperti  pelanggan,  pemasok,  bank,  pemerintah  dan  pemangku  kepentingan

               lainnya.  Informasi  sebagai  arus  komunikasi  dalam  organisasi  dapat  digambarkan  seperti
               gambar dibawah ini:


















                               DOKUMEN






                                                     IAI



                              Gambar 3.1 Arus Informasi dan Komunikasi dalam Organisasi


               Komunikasi  vertikal  terjadi  dari  atasan  ke  bawahan  atau  sebaliknya.  Atasan  akan

               memberikan instruksi ke bawahan dan bawahan akan melaporkan hasil kerja dari instruksi
               tersebut ke atasan. Komunikasi horisontal terjadi diantara mereka dalam tingkat manajemen

               yang  sama  dan  dalam  melakukan  kegiatan  operasional  sehari-hari.  Komunikasi  internal
               adalah komunikasi  yang terjadi dalam organisasi antar rekan kerja, misalnya antara atasan

               dan  bawahan  atau  rekan  setingkat,  sedangkan  komunikasi  dengan  pihak  ekternal  dapat

               dilakukan pada setiap tingkat dalam perusahaan dengan pihak luar. Komunikasi yang  paling
               tinggi  frekuensinya  adalah  tingkat  opersional  dengan  pihak  pelanggan  dan  pemasok,  dan

               tingkat  manajemen  puncak  dengan  pihak  pemangku  kepentingan  (stakeholders).  Dapat
               disimpulkan bahwa sistem informasi di organisasi, berguna untuk:

               (1)  Operational  –  daya  to  day.  Aktivitas  rutin  dan  interaksi  dengan  pelanggan.  Sistem

                     informasi ini berguna agar operasi organisasi bekerja dan lebih efisien.

                                                           28
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40