Page 36 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 36

(2)  Tactical/mangerial level.  Sistem informasi fokus pada pemantauan dan pengendalian

                     aktivitas  dan  melaporkan  kepada  atasan.  Sistem  informasi  berguna  meningkatkan
                     pengendalian yang efektif untuk mengatasi masalah semi struktur.

               (3)  Executive/stratgic level. Sistem  informasi  fokus kepada strategi  jangka panjang  yang
                     dihadapi organisasi untuk mengatasi dan mendukung keputusan terhadap masalah tidak

                     struktur.
               Dengan  demikian  peranan  sistem  informasi  dalam  organisasi  dapat  disimpulkan  untuk

               mendukung:

               (1)  Proses bisnis. Untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
               (2)  Pengambilan keputusan bagi personil operasional dan manajer

               (3)  Strategi  untuk  mendapatkan  keuntungan  kompetitif  (competitive  advantage).  Strategi

                     kompetitif adalah pernyataan suatu pendekatan bisnis untuk bersaing untuk mencapai
                     tujuan tersebut. Utilisasi Sistem Informasi untuk mencapai keuntungan yang kompetitif.

               Sistem  yang  ada  terdapat  dalam  organisasi  bisnis,  jika  dilihat  dari  peranannya  dalam
                               DOKUMEN
               perusahaan, maka sistem informasi yang digunakan untuk dukung manajemen dalam operasi

               organisasi terdiri dari sistem informasi:
               (1)  Akuntansi  dan  Keuangan  (Accounting  and  Finance).  Sistem  informasi  ini  dapat
                                                     IAI
                     melakukan proses perencanaan keuangan dan anggaran, mengatur transaksi keuangan,

                     manajemen investasi, pengendalian dan auditing.
               (2)  Pemasaran  (marketing),  saat  ini  diperluas  ruang  lingkupnya  dengan  memelihara

                     pelanggan, yang dikenal dengan Customer Relationship Management. Sistem informasi
                     ini    mendukung  perencanaan,  pengendalian  dan  pencapaian  dari  proses  pemasaran

                     seperti  manajemen penjualan, iklan dan promosi,  juga memelihara hubungan dengan
                     pelanggan  seperti  memberikan  informasi  adanya  program  promosi,  mengucapkan

                     selamat  ulang  tahun  kepada  pelanggan,  dan  informasi  lainnya  yang  tujuannya

                     memelihara hubungan dengan pelanggan.
               (3)  Produksi  atau  operasi  (production/operation  mgt).  Sistem  informasi  ini  dapat

                     membantu dalam proses dan pengaturan logistik dan manajemen material, manajemen

                     persediaan, pengendalian kualitas, perencanaan dan pengendalian produksi dan operasi,
                     sampai  integrasi  komputerisasi  manufaktur  terintegrasi  (Computer-integrated

                     manufacturing), serta manajemen siklus hidup produk (product life cycle managment)
               (4)  Sumber  Daya  Manusia  (Human  resources  Management).  Sistem  informasi  yang

                     digunakan  untuk  menjalankan  fungsi  personalia.  Sistem  ini  dapat  membantu  proses
                                                           29
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41