Page 34 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 34

BAB 3

                                    SISTEM INFORMASI DALAM ORGANISASI


               Pendahuluan
               Menjalankan  operasi  perusahaan,  secara  tidak  langsung  dipengaruhi  oleh  adanya  sistem

               informasi.  Sistem informasi dalam perusahaan mengatur jalannya operasi perusahaan, dapat
               pula berfungsi sebagai alat komunikasi dalam perusahaan. Sistem informasi berfungsi untuk

               untuk  operasi  sehari-hari  atau  untuk  memberikan  arahan  atau  laporan  diantara  personal  di

               dalam organisasi. Selain itu informasi yang dihasilkan dari sistem informasi dapat membantu
               manajemen dalam pengambilan keputusan, perencanaan, atau tindakan lainnya.



               Oleh karenanya, peranan sistem informasi mempunyai dampak atau guna yang berbeda bagi
               setiap  tingkat  manajemen.  Hal  ini  sebabkan  karena  adanya  perbedaan  fungsi  dari  setiap

               personal  dalam  organisasi  memerankan  fungsi  yang  berbeda,  melaksanakan  kegiatan  yang
                               DOKUMEN
               berbeda, dan membutuhkan informasi yang berbeda. Informasi yang berbeda karena fungsi

               dan jenis keputusan yang akan dibuat oleh mereka berbeda pula.

                                                     IAI
               Tujuan Pembelajaran

               Setelah mempelajari bab ini, anda diharapkan dapat:
               1.    Memahami sistem informasi menjalankan suatu organisasi

               2.    Mengenal jenis sistem informasi yang umum terdapat dalam organisasi
               3.    Memahami peranan sistem informasi dalam organisasi


               A.    Sistem informasi di organisasi

               Sistem adalah roh yang menjalankan di suatu perusahaan. Fungsi kedua dalam manajemen

               adalah mengorganisasi atau mengkordinasi dari perencanaan yang ditetapkan. Dalam fungsi
               ini, manajemen akan mengatur kegiatan setiap orang dalam organisasi agar tercapai tujuan

               tersebut.  Pengaturan  kegiatan  mereka  dapat  berbentuk  aturan,  cara  kerja  atau  prosedur.

               Aturan  atau  prosedur  yang  mereka  lakukan  pada  akhirnya  akan  dievaluasi  sebagai  alat
               pengawasan untuk mengetahui pencapaian dari tujuan (fungsi pengendalian). Sehingga secara

               tidak  disadari  sistem  sudah  diimplementasikan  di  dalam  perusahaan,  dan  sistem  informasi
               adalah menjadi dasar atau roh oleh manajemen dalam menjalankan organisasi.



                                                           27
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39