Page 84 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 84

(2)  Meningkatkan kualitas dan keandalan informasi.

                     Peningkatan kualitas dan kendalan informasi akan meningkatkan kepercayaan investor
                     yang dapat mendorong perdagangan di pasar modal. Aktivitas bisnis memiliki tangung

                     jawab atas peningkatan informasi yang dipublis seperti informasi mengenai kadar emisi
                     atau  jaminan  untuk  tidak  mengeksploitasi  anak-anak.  Adanya  peningkatan  persepsi

                     publik  merupakan  hal  yang  penting  terutama  terkait  dengan  reputasi  perusahaan.
                     Tanggung jawab perusahaan atas kualitas laporan keberlanjutan memberikan keyakinan

                     bagi pemangku kepentingan atas keandalan dan keakuratan informasi yang publis.


               C.    Mengapa Jasa Asurans Tidak Akan Pernah Pasti

               Jasa  Asurans  tidak  akan  pernah  memberikan  keyakinan  yang  absolut  karena  adanya

               keterbatasan yaitu:
               (1)  Fakta dari pengujian  yang dilakukan, dimana auditor tidak melihat proses  penyiapan

                     laporan keuangan dari awal sampai akhir.
                               DOKUMEN
               (2)  Fakta bahwa sistem akuntansi dimana tingkat keyakinan memberikan tingkat keandalan

                     juga memiliki keterbatasan bawaan.
               (3)  Fakta bahwa sebagian besar bukti audit bersifat persuasiF tidak konklusif.
                                                     IAI
               (4)  Fakta bahwa dalam penugasan asurans tidak melakukan pengujian atas seluruh  items

                     pengujian, dimana pendekatan sampling digunakan.
               (5)  Fakta  bahwa  staf  dari  manajemen  klien  melakukan  fraud  yang  kemungkinan

                     disembunyikan dan tidak terdeteksi oleh auditor.
               (6)  Fakta  bahwa  beberapa  pertimbangan  pelaksanaan  jasa  asurans  berdasarkan

                     pertimbangan profesional yang kemungkinan bersifat subjektif.
               (7)  Fakta bahwa beberapa items dalam pokok tugas merupakan hasil estimasi dan belum

                     pasti. Sangatlah tidak mungkin untuk kesimpulan yang bersifat absolut dimana estimasi

                     yang bersifat judgment adalah tepat.


               Ekpektasi Gap

               Adanya  gap  ekpektasi  dari  jasa  asurans  kemungkinan  timbul  dari  keterbatasan  dan
               pembatasan  bawaan  dari  jasa  asurans.  Hal  ini  sering  terjadi  karena  pihak  pemakai  tidak

               menyadari keterbatasan dari jasa asurans dan meyakini bahwa jasa asurans merupakan jasa
               seperti garansi atas kebenaran, dimana faktanya tidak.



                                                           77
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89