Page 236 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 236

dan  biaya  inovasi.  Secara  keseluruhan,  peningkatan  kompetitif

                                      komersial dapat dicapai.


                     (d)  Kepatuhan Regulasi
                           Kepatuhan regulasi adalah sistem atau departemen dalam bisnis yang memastikan

                           bahwa orang-orang menyadari dan mengambil langkah untuk mematuhi hukum
                           yang relevan dan regulasi.



                     (e)  Peran Dewan Regulasi
                           Terdapat banyak badan atau l;embaga yang memantau dan memaksakan berbagai

                           regulasi. Misal, Competition and Markets Authority (CMA) di Inggris atau Komisi

                           Pengawas Persaingan Usaha di Indonesia.


               (2)  Regulasi Langsung atas Persaingan di suatu Pasar
                               DOKUMEN
                     (a)  Mengapa regulasi atas persaingan penting?

                           Dalam  suatu  ekonomi  pasar  alokasi  sumber  daya  biasanya  ditentukan  oleh
                           mekanisme  harga.    Operasi  mekanisme  harga  yang  liar  dan  agak  ideal  disebut
                                                     IAI
                           dengan kompetisi sempurna. Namun terdapat berbagai kondisi dimana kompetisi

                           jauh dari sempurna, dan kondisi dimana terdapat monopoli.


                           Secara  umum  monopoli  tidak  ada  dalam  kepentingan  publik  karena  tidak
                           mengalokasikan  sumber  daya  secara  efisien.  Pemerintah  mencari  cara  untuk

                           menghilangkannya  dengan  cara  memecah  industri  melalui  legislasi,  sehingga
                           pangsa pasar tidak terkonsentrasi di tangan satu atau dua produsen. Efek yang sama

                           juga kadang dicapai secara tidak langsung, misalnya dalam kasus suatu produk

                           farmasi baru, ketika uji yang ketat dan persetujuan pemerintah diperlukan sebelum
                           produk tersebut dapat dipasarkan.



                     (b)  Pelarangan persetujuan anti-kompetisi
                           Baik  perjanjian  formal  maupun  informal,  baik  tertulis  maupun  tidak,  adalah

                           dilarang jika persetujuan tersebut menghasilkan kolusi antar bisnis karena tujuan
                           mereka  atau  berdampak  pada  pencegahan,  pembatasan  atau  distorsi  kompetisi.

                           Berbagai bentuk perjanjian ini termasuk yang dilarang:
                           (i)   Menetapkan harga beli atau harga jual atau kondisi perdagangan lainnya.


                                                           230
   231   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241