Page 53 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 53

daripada  hanya  sebagai  serangkaian  fungsi  seperti  yang

                                         tercantum di atas. Model ini berpendapat bahwa kebijakan SDM
                                         perlu diturunkan dari analisis:

                                             Tuntutan  pemangku  kepentingan  (stakeholder),  termasuk
                                              karyawan  sebagai  salah  satu  kelompok  pemangku

                                              kepentingan yang sah.

                                             Faktor situasional, seperti kondisi lapangan pekerjaan, gaya
                                              manajemen, teknologi, kepemilikan dan kondisi kompetitif.



                                         Model ini menunjukkan bahwa efektivitas SDM  harus dievaluasi
                                         di bawah empat unsur penting sebagai berikut:

                                             Komitmen (commitment)
                               DOKUMEN
                                              Menilai motivasi, kesetiaan, dan kepuasan kerja karyawan.

                                              Faktor-faktor ini cenderung mengukur komitmen karyawan
                                              terhadap  suatu  bisnis.  Langkah-langkah  dapat  mencakup
                                                     IAI
                                              perputaran  tenaga  kerja  (berapa  banyak  orang  yang

                                              meninggalkan tempat tinggal dibandingkan dengan berapa
                                              banyak  rata-rata  yang  dipekerjakan),  ketidakhadiran,

                                              wawancara keluar, dan survei kepuasan.
                                             Kompetensi (competence)

                                              Berkaitan dengan keterampilan, kemampuan, dan potensi
                                              karyawan.  Hal  ini  dapat  diukur  dengan  inventarisasi

                                              keterampilan dan sistem penilaian. Tujuan kebijakan SDM

                                              di bidang ini harus menarik, mempertahankan. memotivasi,
                                              melatih dan mempromosikan orang dengan tepat.

                                             Kesesuaian (congruence)

                                              Kesesuaian  adalah  ukuran  sejauh  mana  manajemen  dan
                                              karyawan berbagi visi bersama untuk bisnis dan bertindak

                                              secara  konsisten  untuk  mencapai  visi  tersebut.  Bukti
                                              kesesuaian dapat mencakup tidak adanya keluhan, konflik

                                              dan pemogokan, dan keadaan hubungan industrial



                                                              47
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58