Page 10 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 10

Tabel 1.1. Karakteristik Informasi yang Baik


                 Karakteristik Kualitas                              Penjelasan
                Akurat (Accurate)         Informasi yang disajikan harus tepat, bebas dari kesalahan,

                                          dikelompokan secara benar, dan berbagai asumsi yang digunakan
                                          diinformasikan atas informasi yang tidak pasti.

                Lengkap (Complete)        Informasi harus disajikan atas segala sesuatu yang perlu diketahui

                                          oleh pengguna, seperti informasi pembanding
                Manfaat atas biaya        Biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh informasi tidak lebih

                (Cost-beneficial)         besar dibandingkan tambahan manfaat yang diperoleh dari

                                          menyajikan informasi.
                Sesuai pengguna (User-    Kebutuhan dari pengguna seharusnya menjadi tujuan utama dalam

                targeted)                 penyediaan informasi.
                                DOKUMEN
                Relevan (Relevant)        Informasi yang tidak dibutuhkan dalam pengambilan keputusan
                                          sebaiknya diabaikan.

                Otoritatif (Authoritative)  Sumber informasi harus dapat diandalkan
                                                       IAI
                Tepat waktu (Timely)      Informasi dapat tersedia ketika dibutuhkan
                Mudah digunakan (Easy  Informasi harus secara jelas disajikan, tidak terlalu panjang, dan

                to use)                   dikomunikasikan menggunakan media yang tepat.



               Suatu informasi dapat memberikan nilai tambah ketika berasal dari sumber yang terpercaya baik
               dalam  hal  kualitas,  keakuratan  dan  kelengkapannya.  Ketika  sumber  informasi  lebih  dapat

               dipercaya  pengguna  memiliki  kepercayaan  yang  lebih  dalam  menggunakan  informasi  tersebut

               untuk  pengambilan  keputusan.  Selain  itu,  informasi  yang  mudah  digunakan  dengan  bantuan
               gambar, grafik, pergerakan lebih memberikan nilai tersendiri bagi pengguna. Kemudahan akses

               dan  usaha  yang  dikeluarkan  untuk  memperoleh  informasi  menjadi  pertimbangan  sendiri  bagi
               pengguna dalam menentukan apakah suatu informasi memiliki nilai guna tertentu atau tidak.


               Suatu  informasi  yang  diperoleh  namun  tidak  gunakan  menandakan  informasi  tersebut  tidak
               memiliki nilai bagi pengguna. Suatu informasi yang dapat menghasilkan tambahan keuntungan

               sebesar Rp100.000.000 tidak akan berarti jika biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh informasi

               tersebut sebesar Rp150.000.000. Maka, seberapa bernilainya suatu informasi tergantung tambahan

                                                             4
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15