Page 9 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 9
dilakukan antara manajer dan staf, misalkan word-of-mouth. Adapun data dari dalam organisasi
dapat berupa:
(1) Catatan akuntansi, termasuk diantaranya buku besar penjualan, buku besar pembelian, buku
kas dan berbagai informasi lain yang memiliki nilai besar. Untuk memastikan integritas
informasi, suatu entitas perlu menjalankan pengendalian atas transaksi.
(2) Catataan sumber daya manusia dan penggajian, termasuk di dalamnya keahlian dan aspirasi
dari para pegawai.
(3) Log mesin dan sistem komputasi dalam produksi/operasi, mencakup informasi mengenai
kapasitas mesin, penggunaan bahan bakar, pergerakan orang, bahan baku dan kebutuhan
perawatan.
(4) Lembar kerja pada jasa yang diberikan, biasanya berisikan waktu yang dikeluarkan untuk
berbagai aktivitas.
DOKUMEN
Sementara data/informasi yang berasal dari luar organisasi juga dapat diperoleh secara formal
maupun informal. Secara formal, data/informasi dapat berasal dari masukan ahli/spesialis isu
tertentu (misalnya ahli perpajakan atau hokum); riset dan pengembangan; opini dari pelanggan
IAI
terkait produk; kebijakan dikeluarkan oleh pemerintah yang dapat mempengaruhi organisasi. Di
sisi lain, secara informal, data/informasi dapat berasal dari interaksi sehari-hari dengan
pelanggan/pemasok; media massa (televisi, internet, koran/majalah); biro informasi; referensi
khusus.
(1) Kualitas Informasi yang Baik
Peran informasi dalam mendukung berbagai aktivitas dalam suatu entitas menyaratkan kualitas
informasi yang baik sehingga keputusan yang diambil dapat tepat dan mendorong kepada hasil
yang diharapkan. Adapun suatu informasi dikatakan berkualitas jika memiliki karakteristik seperti
yang ditunjukan pada tabel 1.1 berikut:
3