Page 14 - Modul CA - Manajemen Keuangan Lanjutan (Plus Soal)
P. 14
MANAJEMEN
KEUANGAN LANJUTAN
1.7 Tujuan Perusahaan
Dalam manajemen nilai, memaksimalkan penjualan, pangsa pasar, kepuasan karyawan, pelayanan
pelanggan yang baik, dan lain-lain bukanlah tujuan dari perusahaan. Tujuan dari perusahaan adalah
memaksimalkan arus kas yang didiskontokan ke pemegang saham.
1.8 Manajemen Unit Bisnis Stratejik
Unit bisnis stratejik (strategic business unit/SBU) adalah unit bisnis dalam entitas korporat yang berbeda
dengan SBU lainnya karena SBU tersebut melayani pasar yang jelas dan manajemen dapat melaksanakan
perencanaan stratejik terkait dengan produk dan pasar. Perusahaan besar seringkali memiliki sejumlah
SBU yang masing-masing memerlukan strategi khusus.
Strategi berarti memilih produk atau pasar apa yang akan dimasuki atau keluar dari dan bagaimana
menjamin posisi bersaing yang baik di produk atau pasar yang ada.
Analisis stratejik memiliki tiga bagian:
1. Penilaian stratejik dimana lingkungan eksternal dan sumber daya serta kemampuan internal dianalisa
DOKUMEN
untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi penciptaan nilai organisasi.
2. Pilihan stratejik dimana strategi yang dipilih dikembangkan dan dievaluasikan.
3. Penerapan stratejik dimana kegiatan yang harus dilaksanakan seperti perubahan struktur organisasi,
sistem, motivasi, dan komitmen.
IAI
1.9 Tiga Tingkatan Strategi dalam Perusahaan
1. Strategi tingkat korporat memiliki pertanyaan, “apakah bisnis perusahaan?”. Strategi tingkat korporat
mempengaruhi organisasi secara keseluruhan, gabungan unit bisnis, dan lini produk yang membentuk
korporat. Tindakan stratejik pada tingkatan ini terkait dengan akuisisi bisnis baru; penambahan atau
divestasi unit bisnis, pabrik, atau lini produk; dan joint venture dengan perusahaan lain. Strategi
tingkat korporat memiliki pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
a. Di pasar manakah perusahaan bersaing saat ini?
b. Di pasar manakah perusahaan akan bersaing di masa depan?
c. Bagaimana kepemilikan bisnis oleh perusahaan menjamin daya saing perusahaan saat ini dan
di masa depan?
2. Pertanyaan, “bagaimana kita bersaing?” adalah perhatian dari strategi tingkat bisnis.
a. Strategi tingkat bisnis mempengaruhi setiap unit bisnis atau lini produk.
b. Strategi tingkat bisnis fokus kepada bagaimana unit bisnis bersaing di dalam industrinya untuk
pelanggan.
c. Keputusan stratejik pada tingkat bisnis meliputi jumlah iklan, arahan dan tingkat penelitian dan
pengembangan, perubahan produk, pengembangan produk baru, peralatan dan fasilitas, serta
ekspansi atau kontraksi lini produk.
Pertanyaan, “bagaimana kita mendukung strategi bersaing tingkat bisnis?” adalah perhatian dari strategi
tingkat fungsional.
Ikatan Akuntan Indonesia 5