Page 14 - Modul CA - Manajemen Keuangan Lanjutan (Plus Soal)
P. 14

MANAJEMEN
                                                                                            KEUANGAN LANJUTAN





               1.7  Tujuan Perusahaan


               Dalam manajemen nilai, memaksimalkan penjualan, pangsa pasar, kepuasan karyawan, pelayanan
               pelanggan yang baik, dan lain-lain bukanlah tujuan dari perusahaan. Tujuan dari perusahaan adalah
               memaksimalkan arus kas yang didiskontokan ke pemegang saham.





               1.8  Manajemen Unit Bisnis Stratejik


               Unit bisnis stratejik (strategic business unit/SBU) adalah unit bisnis dalam entitas korporat yang berbeda
               dengan SBU lainnya karena SBU tersebut melayani pasar yang jelas dan manajemen dapat melaksanakan
               perencanaan stratejik terkait dengan produk dan pasar. Perusahaan besar seringkali memiliki sejumlah
               SBU yang masing-masing memerlukan strategi khusus.

               Strategi berarti memilih produk atau pasar apa yang akan dimasuki atau keluar dari dan bagaimana
               menjamin posisi bersaing yang baik di produk atau pasar yang ada.
               Analisis stratejik memiliki tiga bagian:

               1.  Penilaian stratejik dimana lingkungan eksternal dan sumber daya serta kemampuan internal dianalisa
                               DOKUMEN
                   untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi penciptaan nilai organisasi.
               2.  Pilihan stratejik dimana strategi yang dipilih dikembangkan dan dievaluasikan.
               3.  Penerapan stratejik dimana kegiatan yang harus dilaksanakan seperti perubahan struktur organisasi,
                   sistem, motivasi, dan komitmen.
                                                     IAI



               1.9  Tiga Tingkatan Strategi dalam Perusahaan


               1.  Strategi tingkat korporat memiliki pertanyaan, “apakah bisnis perusahaan?”. Strategi tingkat korporat
                   mempengaruhi organisasi secara keseluruhan, gabungan unit bisnis, dan lini produk yang membentuk
                   korporat. Tindakan stratejik pada tingkatan ini terkait dengan akuisisi bisnis baru; penambahan atau
                   divestasi unit bisnis, pabrik, atau lini produk; dan  joint  venture dengan perusahaan lain. Strategi
                   tingkat korporat memiliki pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
                   a.  Di pasar manakah perusahaan bersaing saat ini?
                   b.  Di pasar manakah perusahaan akan bersaing di masa depan?
                   c.  Bagaimana kepemilikan bisnis oleh perusahaan menjamin daya saing perusahaan saat ini dan
                       di masa depan?
               2.  Pertanyaan, “bagaimana kita bersaing?” adalah perhatian dari strategi tingkat bisnis.
                   a.  Strategi tingkat bisnis mempengaruhi setiap unit bisnis atau lini produk.
                   b.  Strategi tingkat bisnis fokus kepada bagaimana unit bisnis bersaing di dalam industrinya untuk
                       pelanggan.
                   c.  Keputusan stratejik pada tingkat bisnis meliputi jumlah iklan, arahan dan tingkat penelitian dan
                       pengembangan, perubahan produk, pengembangan produk baru, peralatan dan fasilitas, serta
                       ekspansi atau kontraksi lini produk.

               Pertanyaan, “bagaimana kita mendukung strategi bersaing tingkat bisnis?” adalah perhatian dari strategi
               tingkat fungsional.








                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia       5
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19