Page 6 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 6

MANAJEMEN
                                                                                     STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





               DAFTAR ISI



               BAB I
               PENGANTAR MANAJEMEN STRATEJIK DAN KEPEMIMPINAN ..................................................................1
                   1.1  Pendahuluan................................................................................................................................................................4
                   1.2   Tujuan Pembelajaran ..................................................................................................................................................4
                   1.3   Memahami Makna Serta Maksud Dari “Strategi” ..................................................................................................5
                   1.4   Hubungan Antara Strategi Perusahaan Dan Model Bisnisnya .............................................................................5
                   1.5   Apa Yang Menjadikan Strategi Kunci Kemenangan ..............................................................................................5
                   1.6   Mengapa Menyusun Staretgi Dan Mengeksekusinya Adalah Tugas Penting .....................................................5
                   1.7   Melihat Jalan Ke Depan .............................................................................................................................................6

               BAB II
               MENYUSUN ARAH DASAR PERUSAHAAN: VISI DAN MISI, TUJUAN-TUJUAN DAN STRATEGI ..................8
                   2.1  Pendahuluan................................................................................................................................................................8
                   2.2   Tujuan Pembelajaran ..................................................................................................................................................8
                   2.3   Menyusun Visi dan Misi Stratejik Dan Serangkaian Nilai-Nilai Utama .............................................................9
                   2.4   Menentukan Tujuan-Tujuan .....................................................................................................................................9
                   2.5   Menyusun Strategi ................................................................................................................................................... 10
                               DOKUMEN
                   2.6   Mengimplementasikan Strategi ............................................................................................................................. 10
                   2.7   Mengevaluasi Kinerja Dan Melakukan Penyesuaian-Penyesuaian Yang Bersifat Memperbaiki .................. 10
                   2.8   Tata Kelole Perusahaan: Peran BOD Dalam Proses Penyusunan Strategi
                        Dan Pengimplementasiannya ................................................................................................................................ 11

               BAB III
                                                     IAI
               MENGEVALUASI LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN .....................................................................14
                   3.1  Pendahuluan............................................................................................................................................................. 14
                   3.2   Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 14
                   3.3   Komponen-Komponen Lingkungan Makro Perusahaan Yang Secara Stratejik Relevan .............................. 14
                   3.4   Berpikir Secara Stratejik Tentang Industri Serta Lingkungan Kompetitif Perusahaan ................................. 15
                   3.5   Apakah Suatu Industri Menawarkan Peluang-Peluan Yang Menarik Bagi Pertumbuhan ............................ 15
                   3.6   Kekuatan-Kekuatan Daya Saing Apa Yang Dihadapi Perusahaan Dan
                        Seberapa Kuatkah Mereka? .................................................................................................................................... 15
                   3.7   Faktor-Faktor Apa Sajakah Yang Mendorong Perubahan Pada Industri,
                        Dan Seperti Apakah Dampaknya? ........................................................................................................................ 16
                   3.8   Bagaimanakah Para Pesaing Dalam Industri Diposisikan-Siapa Yang Berpengaruh Kuat,
                        Dan Siapakah Yang Tidak Terlalu Berpengaruh?................................................................................................ 16
                   3.9   Apakah Tindakan-Tindakan Stratejik Yang Kira-Kira Akan Dilakukan Para Pesaing? ................................ 16
                   3.10  Apa Sajakah Faktor Utama Bagi Keberhasilan Kompetitif Masa Depan? ....................................................... 16
                   3.11  Apakah Industri Menawarkan Prospek Yang Baik Untuk Mencapai Keuntungan Yang Menarik? ............. 17

               BAB IV
               MENGEVALUASI SUMBER DAYA, KAPABILITAS, DAN DAYA SAING PERUSAHAAN ................................20
                   4.1  Pendahuluan............................................................................................................................................................. 20
                   4.2   Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 20
                   4.3   Seberapa Baikkah Strategi Perusahaan Saat Ini Berjalan? ................................................................................. 21
                   4.4   Apakah Kapabilitas dan Sumber Daya Penting Dan Kompetitif Yang Dimiliki Perusahaan ........................ 21
                   4.5   Apakah Perusahaan Mampu Untuk Mengambil Peluang-Peluang Pasar
                        Dan Meniadakan Ancaman-Ancaman Eksternal? ............................................................................................. 21







                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      iii
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11