Page 6 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 6
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
DAFTAR ISI
BAB I
PENGANTAR MANAJEMEN STRATEJIK DAN KEPEMIMPINAN ..................................................................1
1.1 Pendahuluan................................................................................................................................................................4
1.2 Tujuan Pembelajaran ..................................................................................................................................................4
1.3 Memahami Makna Serta Maksud Dari “Strategi” ..................................................................................................5
1.4 Hubungan Antara Strategi Perusahaan Dan Model Bisnisnya .............................................................................5
1.5 Apa Yang Menjadikan Strategi Kunci Kemenangan ..............................................................................................5
1.6 Mengapa Menyusun Staretgi Dan Mengeksekusinya Adalah Tugas Penting .....................................................5
1.7 Melihat Jalan Ke Depan .............................................................................................................................................6
BAB II
MENYUSUN ARAH DASAR PERUSAHAAN: VISI DAN MISI, TUJUAN-TUJUAN DAN STRATEGI ..................8
2.1 Pendahuluan................................................................................................................................................................8
2.2 Tujuan Pembelajaran ..................................................................................................................................................8
2.3 Menyusun Visi dan Misi Stratejik Dan Serangkaian Nilai-Nilai Utama .............................................................9
2.4 Menentukan Tujuan-Tujuan .....................................................................................................................................9
2.5 Menyusun Strategi ................................................................................................................................................... 10
DOKUMEN
2.6 Mengimplementasikan Strategi ............................................................................................................................. 10
2.7 Mengevaluasi Kinerja Dan Melakukan Penyesuaian-Penyesuaian Yang Bersifat Memperbaiki .................. 10
2.8 Tata Kelole Perusahaan: Peran BOD Dalam Proses Penyusunan Strategi
Dan Pengimplementasiannya ................................................................................................................................ 11
BAB III
IAI
MENGEVALUASI LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN .....................................................................14
3.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 14
3.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 14
3.3 Komponen-Komponen Lingkungan Makro Perusahaan Yang Secara Stratejik Relevan .............................. 14
3.4 Berpikir Secara Stratejik Tentang Industri Serta Lingkungan Kompetitif Perusahaan ................................. 15
3.5 Apakah Suatu Industri Menawarkan Peluang-Peluan Yang Menarik Bagi Pertumbuhan ............................ 15
3.6 Kekuatan-Kekuatan Daya Saing Apa Yang Dihadapi Perusahaan Dan
Seberapa Kuatkah Mereka? .................................................................................................................................... 15
3.7 Faktor-Faktor Apa Sajakah Yang Mendorong Perubahan Pada Industri,
Dan Seperti Apakah Dampaknya? ........................................................................................................................ 16
3.8 Bagaimanakah Para Pesaing Dalam Industri Diposisikan-Siapa Yang Berpengaruh Kuat,
Dan Siapakah Yang Tidak Terlalu Berpengaruh?................................................................................................ 16
3.9 Apakah Tindakan-Tindakan Stratejik Yang Kira-Kira Akan Dilakukan Para Pesaing? ................................ 16
3.10 Apa Sajakah Faktor Utama Bagi Keberhasilan Kompetitif Masa Depan? ....................................................... 16
3.11 Apakah Industri Menawarkan Prospek Yang Baik Untuk Mencapai Keuntungan Yang Menarik? ............. 17
BAB IV
MENGEVALUASI SUMBER DAYA, KAPABILITAS, DAN DAYA SAING PERUSAHAAN ................................20
4.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 20
4.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 20
4.3 Seberapa Baikkah Strategi Perusahaan Saat Ini Berjalan? ................................................................................. 21
4.4 Apakah Kapabilitas dan Sumber Daya Penting Dan Kompetitif Yang Dimiliki Perusahaan ........................ 21
4.5 Apakah Perusahaan Mampu Untuk Mengambil Peluang-Peluang Pasar
Dan Meniadakan Ancaman-Ancaman Eksternal? ............................................................................................. 21
Ikatan Akuntan Indonesia iii