Page 8 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 8
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB VIII
STRATEGI PERUSAHAAN: DIFERSIFIKASI DAN PERUSAHAAN BISNIS ...........................................................42
8.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 42
8.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 42
8.3 Kapan Perlu Melakukan Difersifikasi ................................................................................................................... 43
8.4 Membangun Nilai Pemegang Saham: Justifikasi Utama Untuk Difersifikasi .................................................. 43
8.5 Strategi Memasuki Bisnis-Bisnis Baru .................................................................................................................. 43
8.6 Memilih Alur Difersifikasi: Bisnis Yang Berkaitan VS Bisnis Yang Tak Berkaitan ......................................... 44
8.7 Difersifikasi Strategik Dan Ketersesuaian DiDalam Bisnis Yang Berkaitan .................................................... 44
8.8 Difersifikasi Ke Dalam Bisnis Yang Tak Berkaitan .............................................................................................. 44
8.9 Mengkombinasikan Strategi Bisnis Yang Berkaitan Dan Yang Tak Berkaitan ................................................ 45
8.10 Mengevaluasi Strategi Perusahaan Yang Melakukan Difersifikasi .................................................................... 45
BAB IX
ETIKA, CSR, KELANGGENGAN LINGKUNGAN SEKITAR DAN STRATEGI ...................................................48
9.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 48
9.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 48
9.3 Apakah Yang Kita Maksudkan Dengan Etika Bisnis? ........................................................................................ 48
9.4 Dari Mana Asal Muasal Standar Etika – Apakah Standar Itu Universal Ataukah
Tergantung Pada Norma Lokal .............................................................................................................................. 48
9.5 Bagaimana Dan Mengapa Standar Etika Berdampak Pada Proses Pengembangan
9.7 DOKUMEN
Serta Pelaksanaan Strategi ...................................................................................................................................... 49
9.6 Apa Sajakah Faktor Pendorong Strategi Yang Tidak Etis Serta Perilaku Berbisnis? ...................................... 49
Mengapa Strategi Perusahaan Harus Beretika? ................................................................................................... 49
9.8 Strategi, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Serta Kelanggengan Lingkungan Sekitar ............................... 50
BAB X IAI
MEMBANGUN ORGANISASI YANG MAMPU MENGIMPLEMENTASIKAN DENGAN
BAIK STRATEGI PERUSAHAAN ..................................................................................................................52
10.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 52
10.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 52
10.3 Kerangka Bagi Pengimplementasian Strategi ...................................................................................................... 53
10.4 Membangun Organisasi Yang Mampu Mengimplementasikan Strategi Dengan Baik:
Dari Mana Harus Mulai? ........................................................................................................................................ 54
10.5 Merekrut SDM Yang Andal Dalam Organisasi ................................................................................................... 54
10.6 Membangun Dan Memperkuat Kompetensi Utama Serta Kemampuan Kompetitif ..................................... 54
10.7 Mengorganisasikan Daya Upaya Kerja dengan Struktur Organisasi Yang Sportif ......................................... 55
BAB XI
MENGELOLA OPERASIONAL INTERNAL ....................................................................................................58
11.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 58
11.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 58
11.3 Pembahasan .............................................................................................................................................................. 58
Ikatan Akuntan Indonesia v