Page 11 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 11
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB I
PENGANTAR MANAJEMEN STRATEJIK DAN
KEPEMIMPINAN
1.1 Pendahuluan
Strategic Management atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Manajemen Stratejik merupakan
bidang ilmu yang relatif baru dan modern, yang diperkenalkan baik dunia korporat maupun menjadi kajian
akademis yang penting setelah ditemukan bukti-bukti bahwa Manajemen Stratejik menjadi salah satu kunci
penentu keberhasilan suatu perusahaan dalam jangka panjang.
Modul Bab 1 ini fokus pada pemahaman akan Manajemen Stratejik baik sebagai konsep maupun tindakan-
tindakan serta kebiasaan tata kelola perusahaan modern, serta bagaimana Manajemen Stratejik menaikkan
tingkat keberhasilan perusahaan dalam persaingan bisnis.
Modul akan diawali dengan diskusi mengenai bagaimana awal mulanya Manajemen Stratejik menjadi bagian
penting dari perusahaan-perusahaan yang akhirnya keluar sebagai pemenang di industri masing-masing,
DOKUMEN
lalu dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pendekatan-pendekatan stratejik yang saling bertautan/
bergantung yang memisahkan sebuah perusahaan dari para pesaingnya, hingga bahasan mengenai
bagaimana Manajemen Stratejik berevolusi dari waktu ke waktu hingga hari ini.
Modul diakhiri dengan pembahasan mengenai hal-hal apa yang akan dilakukan ke depan, misalnya apa
IAI
yang harus dilakukan para manajer untuk memastikan bahwa perusahaan tetap unggul di pasar persaingan.
1.2 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran modul Bab 1 ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Memahami mengapa setiap perusahaan perlu memiliki strategi usaha yang tepat dan benar-benar baik
untuk memenangkan kompetisi, serta mengelola cara kerja bisnisnya, dan pada akhirnya memperkuat
prospek usahanya di masa mendatang.
2. Mengembangkan kesadaran akan pentingnya empat pendekatan stratejik paling tertaut/bergantung
untuk memisahkan perusahaan dari para pesaingnya yang pada akhirnya akan memenangkan
keunggulan kompetitif yang berkesinambungan.
3. Memahami bahwa strategi perusahaan cenderung berevolusi dari waktu ke waktu yang disebabkan
oleh situasi dan kondisi yang berubah-ubah serta adanya upaya-upaya manajemen yang berlangsung
terus menerus untuk memperbaiki strategi perusahaan.
4. Belajar mengapa sangatlah penting bagi perusahaan untuk memiliki bisnis model yang dapat benar-
benar diwujudkan/dilaksanakan, yang secara tegas menggaris bawahi pentingnya proposisi nilai yang
dipandang oleh para klien perusahaan namun sekaligus memaparkan formula sukses dari model bisnis
tersebut.
5. Mempelajari tiga macam test/ujian dari strategi yang memenangkan perusahaan.
2 Ikatan Akuntan Indonesia